Pendidikan Agama Kristen

Program Studi Pendidikan Agama Kristen (PAK) berdiri dan beroperasi sejak tahun 1967, hingga saat ini memiliki status terakreditasi dengan nilai "B" berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan Nomor SK : 003/BAN-PT/Ak-VI/S1/XII/2003 tanggal 13 Pebruari 2003.

VISI

Lulusan yang bertanggungjawab, legal sosial dan moral. Lulusan program studi ini tidak sekedar bertanggung jawab dan mendapat pengakuan dari aspek keilmuan, namun juga memiliki kebertanggungjawaban dan pengakuan dari aspek sosial dan moral ditengah-tengah masyarakat.

MISI

Melaksanakan proses pembelajaran yang efektif dan berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan dimasyarakat. Dalam artian bahwa program studi Pendidikan Agama Kristen (PAK) ubu tidak sekedar menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif dalam kehidupan kampus yang meliputi kurikulum pendidikan, metodologi ilmiah sebagai bekal mahasiswa kelak sebagai guru, namun juga menyelenggarakan kegiatan-kegiatan mahasiswa diluar kampus dalam wujud partisipasi kegiatan kemanusiaan di masyarakat, misalkan turut aktif dalam pelaksanaan kegiatan ibadah gereja, penjemaatan ke daerah/ lokasi tertentu meliputi Simalungun, Toba, Samosir, Karo, dan Deli Serdang.

TUJUAN

Menghasilkan tenaga guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) yang profesional, bekualitas, dan bermoral, dalam artian bahwa Program Studi Pendidikan Agama Kristen (PAK):

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan, berorientasi pada kebutuhan dan tuntutan perkembangan zaman.

2. Menyelenggarakan dan mengembangkan proses pendidikan dan pembelajaran yang berorientasi pada upaya menumbuhkembangkan daya nalar, daya cipta peserta didik.

3. Menyelenggarakan dan mengembangkan proses pendidikan dan pembelajaran yang berorientasi pada upaya pembentukan pribadi peserta didik yang tangguh, penguasaan ilmu, keterampilan yang memadai sehingga dapat berpikir krisis serta memecahkan masalah-masalah dengan bijak dan tepat.

4. Menyelenggarakan proses pendidikan dan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik mampu mengkomunikasikan dan mengaplikasikan ilmunya dalam berbagai kondisi yang ada.

5. Menyelenggarakan proses belajar yang memungkinkan mahasiswa memiliki minat yang tinggi untuk melakukan berbagai penelitian untuk memperoleh hal-hal baru.

6. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang memungkinkan mahasiswa melakukan kajian-kajian ilmiah melalui kegiatan-kegiatan diskusi-diskusi dan seminar dalam penulusuran dan pengembangan ilmu pengetahuan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang komplek.

 

SASARAN

Menghasilkan sumber daya manusia yang benar-benar mampu bersaing, menjadi teladan di tengah-tengah masyarakat majemuk dan global. Dalam artian bahwa program studi PAK berupaya menghasilkan lulusan yang :
1. Mampu bersaing dalam berbagai aspek kehidupan (ilmu pengetahuan, sikap, dan keterampilan) ditengah-tengah masyarakat yang penuh kompetitif.

2. Mampu menciptakan hubungan kerjasama edukatif antar berbagai komponen yang ada dalam masyarakat sehingga terselenggara proses pendidikan secara optimal.

 

STAF PENGAJAR

  1. Pdt. Juliver Lumbantobing, M.Th (Wakil Pelaksana Ka. Prodi)

  2. Drs. Janwar Tambunan, M.Pd

  3. Dr. M. Sitinjak, M.Th

  4. Pdt. Drs. S.M. Marpaung, MS

  5. Pdt. Drs. Nelson Sihotang, M.Div

  6. Drs. L. Tarigan, MS

  7. Pdt. N. Siregar, M.Pd

  8. Pdt. E. Simanjuntak, M.Th

 

MATA KULIAH GBPP DAN SAP

* GANJIL

* GENAP