Kesekretariatan

Program studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik Universitas HKBP Nommensen didirikan pada tahun 1981. Pendirian Jurusan/Program Studi ini dipelopori oleh dosen seperti Bapak Mangaraja Asal Simanjuntak, MA dan Bapak Drs. Maruli Panggabean yang mendapat dukungan dari Dekan dan Rektor pada saat itu. Didirikannya Jurusan/Program Studi ini dilatarbelakangi oleh semakin tingginya permintaan masyarakat akan calon tenaga administrator publik yang profesional, baik pada pemerintahan pusat maupun pada pemerintahan daerah. Selain itu, tujuan pembentukannya juga menyeimbangkan ketiga jurusan/Program Studi yang telah ada sebelumnya, yaitu:

(1) Manajemen Umum
(2) Akuntansi Niaga
(3) Administrasi Perkantoran dan Sekretariat

Lulusannya diarahkan pada bidang bisnis. Pada awalnya pendiriannya, Jurusan/Program Studi ini mendapatkan sambutan yang positif dari kalangan masyarakat, terutama karena Jurusan/Program Studi ini masih sangat langka.

Sebagai Jurusan/Program Studi yang dikelola dengan konsep yang mengutamakan mutu, Jurusan/Program Studi Ilmu Administrasi Negara memiliki Visi, Misi, Prinsip dan Tujuan antara lain:

VISI

Jurusan Program Studi Ilmu Administrasi Negara akan menjadi Jurusan/Program Studi terkemuka dan berorentasi mutu yang siap berkompetisi, baik pada skala lokal, nasional, regional maupun global

MISI

Jurusan Program Studi Ilmu Administrasi Negara memusatkan perhatian pada penyelenggaraan pendidikan yang berbasis penelitian untuk menghasilkan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan dunia kerja, baik pada skala lokal, nasional, regional maupun global.

PRINSIP

Pro Deo Et Patria (Bagi Tuhan Dan Ibu Pertiwi)

TUJUAN

Sesuai dengan Visi, Misi, dan Prinsip diatas, Jurusan/Program Studi Ilmu Administrasi Negara memiliki tujuan yakni mempersiapkan dan menghasilkan Sarjana yang antara lain:

   1. Mampu menjadi Analis Kebijakan, Administrator Pembangunan, dan Pimpinan yang profesional
   2. Mampu menjadi pejabat publik dan swasta yang mengutamakan pelayanan
   3. Peka dan mampu memecahkan masalah-masalah dan kepentingan publik

Proses pembelajaran pada Jurusan/Program Studi Ilmu Administrasi Negara menggunakan sistem Satuan Kredit Semester (SKS) dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Melalui penerapan KBK mahasiswa disiapkan untuk memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan publik atau pelanggan. Jumlah SKS yang harus diselesaikan oleh setiap mahasiswa untuk memperoleh gelar kesarjanaan Strata Satu (S-1) adalah 145 yang dapat ditempuh selama 3,5-4 tahun, Jumlah beban SKS tersebut disebarkan dalam delapan (8) Semester dengan komposisi sebagai berikut:

Semester I : 16 SKS
Semester II : 16 SKS
Semester III : 18 SKS
Semester IV : 17 SKS
Semester V : 21 SKS
Semester VI : 20 SKS
Semester VII : 21 SKS
Semester VIII : 19 SKS

Keseluruhan mata kuliah di kelompokkan menurut tujuan seperti, Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK); Mata Kiliah Keilmuan dan keterampilan (MKK), Mata kuliah Keahlian berkarya (MKB), Mata kuliah Prilaku berkarya (MPB), dan Mata kuliah Pilihan (MKP).
Semua mata kuliah yang disebar memiliki keterkaitan antara satu semester dengan semester berikutnya. Misalnya pada tahun pertama dan kedua mahasiswa diajarkan mata kuliah mata kuliah yang memberikan landasan pembentukan sikap, prilaku, budi pekerti, penguasaan ilmu dan keterampilan dan cara berkehidupan bermasyarakat. Kemudian, pada tahun ketiga dan keempat, mahasiswa diajarkann mata kuliah yang mengarah kepada penguasaan akan kompetensinya yang pada akhirnya mampu menjadi administrator publik (negara), administrator pembangunan, analis kebijakan dan pimpinan yang profesional. Dengan kata lain, bahwa calon-calon sarjana yang dipersiapkan oleh Jurusan/Program Studi Ilmu Administrasi Negara adalah sesuai dengan tekad pemerintah atau negara yang mengarah kepada terciptanya Good Govermance dan Pelayanan Publik yang terbaik.

Jumlah mahasiswa Jurusan/Program Studi Ilmu Administrasi Negara yang ada pada saat ini 110 orang dan sejak berdirinya hingga Semester Ganjil Tahun Akademik 2004/2005 jumlah alumni sebanyak 459 orang. Pada umumnya para alumni ini telah bekerja pada berbagai instansi, baik pada instansi pemerintah, BUMN, dan swasta.

Sejak pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional menerapkan kebijakan sistem akreditas bagi Jurusan/Program Studi di Perguruan Tinggi, Jurusan/Program Studi Ilmu Administrasi Negara telah berstatus TERAKREDITAS. Selain itu, Jurusan/Program Studi ini memiliki 80% dosen bergelar Magister (S-2) dan Doktor (S-3) lulusan Perguruan Tinggi terbaik, baik dari dalam maupun luar negeri. Pada umumnya dosen-dosen mengajar mata kuliah yang sesuai dengan kompetensinya. Untuk memperkaya proses pembelajaran, para Dosen juga melakukan penelitian secara berkala. Kemudian, Jurusan/Program Studi ini juga didukung oleh fasilitas pembelajaran yang baik, seperti gedung perkuliahan yang cukup nyaman, laboratorium komputer, laboraorium bahasa inggris, laboratorium kebijakan Publik, Perpustakaan yang representatif, perkantoran dosen untuk konsultasi mahasiswa, dan konseling untuk mahasiswa.

Selanjutnya, sebagai Jurusan/Program Studi yang dipersiapkan untuk mampu berkompetisi dalam persaingan global, Jurusan/Program Studi Ilmu Administrasi Negara sejak Desember 2004 telah menjadi jejaring bagi lembaga atau program studi yang mengelola dan mengembangkan bidang Administrasi Negara (Publik) se Asia Pasifik yang diberi nama NAPSIPAG (Network of Asia Pacific School and Institutes of Public Administration and Goverment). Salah seorang dosen pada Jurusan/Program Studi ini yakni DRS. Marlan Hutahaen, M.Si, ikut menyampaikan makalah pada Konferensi Internasional dalam rangka pembentukan jejaring tersebut di Kuala Lumpur, Malaysia tanggal 6-8 Desember 2004.

Jurusan/Program Studi ini juga secara berkala mengadakan kegiatan ilmiah, seperti Seminar, Dialog Interaktif dan kuliah Umum (Stadium General) dengan mendatangkan berbagai pakar administrasi dan kebijakan publik baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Bagi mahasiswa mahasiswa yang berprestasi di Jurusan/Program Studi Ilmu Administrasi Negara diberikan beasiswa. Beasiswa berasal dari Yayasan Universitas HKBP Nommensen, Pemerintah dan Swasta. Selain itu, mahasiswa pada Jurusan/Program ini juga secara berkala ikut serta dalam kegiatan seminar, lokakarya, dan kongres yang diselenggarakan oleh mahasiswa Ilmu Administrasi se-Indonesia.

 

MATA KULIAH GBPP DAN SAP

* GANJIL

* GENAP