Administrasi Niaga

Program Studi Administrasi Bisnis pada awalnya merupakan suatu fakultas yang disebut dengan Fakultas Ilmu Administrasi Niaga (FAN) tahun 1977 s/d 1979, kemudian tahun 1979 s/d 1980 Fakultas Administrasi Niaga berubah menjadi Fakultas Ilmu Administrasi Negara dan Niaga (FANN). Kemudian dari FANN berubah namanya menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Mulai berdirinya hingga tahun 1992 jumlah mahasiswa selalu meningkat, hal ini tidak terlepas dari kebijakan program studi untuk tetap memperhatikan mutu pendidikan. Namun ketika gaung globalisasi menggema maka istilah administrasi niaga tenggelam, tetapi istilah yang diterjemahkan dalam bahasa inggrisnya business lebih kuat gaungnya. Pada tahun 2007 Program Studi Administrasi Niaga berubah nama menjadi Administrasi Bisnis. Perubahan nama ini diikuti dengan perubahan lainnya seperti kurikulum, tenaga pendidikan, laboratorium, dan sistem administrasi.

Program Studi Administrasi Bisnis sebelum tahun 1990 merupakan program studi nomor dua terbanyak dari sudut jumlah mahasiswa. Program Studi ini mempunyai dosen tetap sebanyak 22 orang dari berbagai disiplin ilmu dengan keanekaragaman keahlian yang juga berbeda, dan 75 % diantaranya bergelar S2. Mereka merupakan lulusan dari universitas dalam ataupun luar negeri. Dua orang dosen saat ini sedang melanjutkan S3, satu diantaranya mengambil S3 di luar negeri.

Kegiatan belajar mengajar berjalan lancar dengan sistem kredit semester. Jumlah tatap muka perkuliahan per semester sebanyak empat belas (14) kali pertemuan, ditambah satu kali Ujian Tengah Semester (UTS) dan satu kali Ujian Akhir (UAS) Semester. Tatap muka dilakukan oleh dosen yang telah ditunjuk dalam surat keputusan dan tidak dapat digantikan oleh asisten. Dosen tidak diperkenankan melaksanakan ujian jika tidak melaksanakan minimal tujuh (7) kali tatap muka per semester, oleh karena itu dipastikan kehadiran dosen dipastikan cukup disiplin. Mahasiswa juga tidak diijinkan untuk ujian jika tidak memenuhi kehadiran sebanyak 75% tatap muka. Setiap dosen diwajibkan menyediakan waktunya untuk melakukan konsultasi dan bimbingan kepada mahasiswa bagaimana memilih mata kuliah yang akan dibawakannya pada semester berjalan (pengisian KRS, mata kuliah, dan bimbingan skripsi).

Kelulusan mahasisw per semester cukup tinggi sekitar 90% dengan rata-rata Indeks Prestasi di atas 2,75. Lama waktu penyelesaian studi rata-rata 4,5 tahun dengan Indeks Prestasi Kumulatip meningkat setiap tahun. Lulusan program studi ini mendapat reaksi positip dari instansi pemerintah maupun swasta, hal ini dibuktikan beberapa alumni yang bekerja dikedua instansi tersebut.

 

MATA KULIAH GBPP DAN SAP

* GANJIL

SEMESTER 1

- Dasar-dasar Akuntansi : download GBPP dan SAP

- Pendidikan Agama : download GBPP dan SAP

- Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis : download GBPP dan SAP

- Sosiologi Perusahaan : download GBPP dan SAP

SEMESTER 3

- Akuntamsi Biaya : download GBPP dan SAP

- Aplikasi Komputer bisnis : download GBPP dan SAP

- Hukum Etika Bisnis : download GBPP dan SAP

- Manajemen Lintas Budaya : download GBPP dan SAP

- Mikroekonomi : download GBPP dan SAP

- Perbandingan Manajemen : download GBPP dan SAP

SEMESTER 5

- Dasar Manajemen Keuangan : download GBPP dan SAP

- Hubungan Ketenagakerjaan : download GBPP dan SAP

- Manajemen Jasa : download GBPP dan SAP

- Manajemen Pemasaran : download GBPP dan SAP

- Pengelolaan Resiko Usaha : download GBPP dan SAP

- Perpajakan I : download GBPP dan SAP

- Sistem Informasi Manajemen : download GBPP dan SAP

SEMESTER 7

- Kebijaksanaan Bisnis : download GBPP dan SAP

- Kewirausahaan : download GBPP dan SAP

- Magang : download GBPP dan SAP

- Manajemen Investasi : download GBPP dan SAP

- Riset Pengembangan Pemasaran : download GBPP dan SAP

- Teknologi Manajemen Operasi : download GBPP dan SAP

* GENAP