Lembaga Penelitian

Pendirian Lembaga Penelitian (LP-UHN) mempunyai dua tujuan pokok, yaitu:

1. Melaksanakan penelitian untuk pendidikan dan pengembangan institusi Universitas HKBP Nommensen.
2. Melaksanakan penelitian ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian untuk mengembangkan konsepsi pembangunan nasional, wilayah dan daerah untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Lembaga Penelitian Universitas HKBP Nommensen (Lemlit UHN) mempunyai tugas pokok, yaitu Mengelola penelitian/kajian dan Majalah Ilmiah "VISI".

1. Penelitian dan Kajian

1.1. Penelitian Ekstern
Lembaga Penelitian UHN melakukan kerjasama penelitian dan kajian dengan pihak eksternal, lembaga di luar UHN baik dengan lembaga pemerintah maupun swasta, baik lembaga di dalam negeri maupun luar negeri. Tahun 2004/2005, Lembaga Penelitian Universitas HKBP Nommensen mendapat bantuan dana dari DP3M, Ditjen Dikti, Depdiknas Jakarta bagi 6 tim dosen untuk melakukan Penelitian Dosen Muda (PDM) sebagai berikut:

No.

Nama

Judul

1.

Richard Alfonso Mangaraja, ST,MT
Tulus Baharuddin Sitorus, ST

Pemanfaatan Minyak Goreng Bekas Sebagai Alternatif Bahan Bakar Mesin Diesel

2.

Ir. Tunggul Ferry Sitorus.MP
Ir. Bezalel Siagian, MSi

Pemanfaatan Jerami Padi RIR Terfermentasi dalam Ransum Kambing Potong

3.

Ir. Maria Manik, MSi
Ir. Benika Naibaho, MSi

Pengaruh Natrium Berizoal dan Lama Penyimpanan terhadap Mutu Dengke Naniura

4.

Elvis F. Purba, SE,MSi
Drs. Jusmer Sihotang, MSi
Juara Simanjuntak, SE,MSi

Analisis Pendapatan dan Pengeluaran Pemulung di Kecamatan Medan Kota dan Medan Denai, Kota Medan

5.

Ir. Sindak Hutauruk, MSEE
Libianko Sianturi, ST

Pemanfaatan Telepon Seluler sebagai Pengendali Lampu Jarak Jauh Barbasis Mikrokontroler AT89C2051

6.

Drs. Monang Sitorus, MSi
Drs. Marlan Hutahaean, MSi
Drs. Eden Sitompul, MPd

Evaluasi Implementasi Kebijakan Mendiknas No:044/U/2002 tentang Pembentukan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah (Studi Kasus di Kecamatan Uluan, Lguboti, Balige, Kabupaten Tobasa)


1.2. Penelitian Intern
Penelitian dan kajian ini dibiayai dari anggaran UHN dan dikhususkan bagi dosen tetap yayasan UHN. Penelitian ini terdiri dari penelitian intern khusus dan intern biasa.

1.2.1. Penelitian Intern Khusus
Penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan secara kelompok atau penelitian yang bersifat antar disiplin ilmu. Untuk Tahun 2004/2005 UHN melalui Lembaga Penelitian memberikan bantuan dana penelitian Intern Khusus kepada 3 tim dosen yaitu:

No.

Nama

Judul

1.

Ir. Jamser Simanjuntak MT
Ir. Sindak Hutauruk, MSEE

Perancangan Alat untuk Mengatasi Kegagalan Panggil Akibat Kesalahan Letak Handset Telepon Berbasis Mikrokontroler AT89C2051

2.

Ir. Sindak Hutauruk, MSEE
Ir. Sinar T. Sembiring, MT

Perancangan Alat Kontrol Traffic Light AT89C51 dengan Studi Kasus Simpang Empat Jalan Gaharu-Jalan Prof. M. Yamin SH Medan

3.

Drs. Eben Ezer Pakpahan, MM
Drs. Parada Manik, MM

Pengaruh Publikasi Prospek Perusahaan dengan Volume Perdagangan Saham di Bursa Efek Jakarta


1.2.2. Penelitian Intern Biasa
Penelitian ini adalah penelitian perorangan untuk meneliti aspek tertentu sesuai dengan bidang keahlian peneliti. Tahun 2004/2005 UHN melalui Lembaga Penelitian memberikan bantuan dana penelitian kepada penelitian intern biasa sebanyak 2 orang dosen yaitu:

No.

Nama

Judul

1.

Ir. Gunawan Panggabean,MSi

Performansi Produksi dan Ekonomi Usaha Ternak Ayam Potong pada Dua skala Usaha dan Beberapa Periode Produksi di Desa Glugur Rimbun, Diski Kabupaten Deli Serdang

2.

Dra. Rotua E. Pangaribuan

Dra. Selviana Napitupulu, MHum

Kemampuan Menggunakan Beberapa Struktur Sintaksis Bahasa Inggris : Studi Kasus Calon Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan


2. Penerbitan Majalah Ilmiah UHN : "VISI"

Majalah ilmiah "VISI" terbit 3 (tiga) kali dalam setahun, yaitu pada bulan Pebruari, Juni dan Oktober dengan ijin penerbitan dari Departemen Penerangan Republik Indonesia No. 1541/SK/Ditjen PPG/STT/1990 tanggal 7 Pebruari 1990, dengan ISSN 0853-0203.

Majalah Ilmiah "VISI" UHN adalah salah satu sarana/media bagi ilmuwan dalam meningkatkan komunikasi serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi, baik untuk pengembangan ilmu pengetahuan itu sendiri maupun untuk kepentingan pembangunan secara umum. Redaksi mengundang ilmuwan dari berbagai bidang ilmu pengetahuan untuk berperan serta dalam mengisi majalah ini.

Petunjuk/pedoman penulisan dan pengiriman artikel ke majalah ilmiah "VISI" adalah sebagai berikut :
Naskah yang dikirim ke redaksi ditulis mengikuti tata cara penulisan ilmiah yang baku secara umum, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, dengan spesifikasi:

*
Ukuran kertas    : A4 atau Letter
*  Ketikan           : 2 spasi
* Jumlah halaman : maksimum 24 halaman, dan
* Software          : Microsoft Words

Format dan Pedoman Penulisan

1. Judul
2. Nama Penulis
3. Abstrak (maksimum 3/4 halaman). Memuat tujuan, metode dan kesimpulan hasil penelitian, disertai kata kunci. Abstrak dalam bahasa Inggris bila naskah dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya.
4. I. Pendahuluan (maks. 4 hal), memuat latar belakang, masalah, tinjauan pustaka, tujuan dan hipotesis (bila ada).
5. II. Metodologi penelitian (maks. 3 hal), memuat tempat dan waktu penelitian, bahan dan alat atau objek penelitian, perlakuan (bila ada) dan metode (mis: kriteria sampel, uji statistik).
6.III. Hasil Penelitian dan Pembahasan (maks. 12 halaman). Memuat hasil penelitian dan kemukakan secara menarik dan mudah dimengerti, hindari tabel lampiran. Pembahasan memuat interpretasi hasil yang didukung oleh tinjauan pustaka, dan bila perlu pembahasan kelemahan dan kekuatan metode (penelitian) yang digunakan.
7. IV. Kesimpulan dan saran (maks 2 halaman). Memuat kesimpulan yang relevan dengan judul dan saran (bila ada) yang relevan dengan penelitian.
8. Daftar Pustaka (maks 2 hal). Memuat daftar pustaka secara alfabetis dan hanya yang dikutip saja, dengan susunan:

      - Untuk buku: Nama Belakang. Nama Depan. (tahun), Judul, Kota Tempat Penerbitan, Penerbit.
      - Untuk penerbitan periodikal: Nama Belakang, Nama Depan. (tahun), Judul Tulisan, Nama Periodikal, Vol. (nomor), Nomor Halaman.

Prosedur pengiriman naskah :
1. Kirimkan 1 (satu) eksemplar manuskrip naskah, file naskah dalam disket 31/2, serta riwayat hidup penulis ke alamat Redaksi Majalah VISI UHN.
2. Naskah belum pernah diterbitkan atau sedang dalam proses penerbitan pada media lain.
3. Naskah yang dikirim ke redaksi sepenuhnya menjadi milik redaksi.
4. Redaksi berwewenang menyunting artikel tanpa mengubah isi dan tujuanya.

Alamat Kantor : Jln. Sutomo 4 A, Medan. 20234.
Telp. Kantor : (061) 4522922, 4565635 Pes. 226
Fax : (061) 4571426