Perpustakaan

Untuk mendukung kualitas pendidikan di Universitas HKBP Nommensen, salah satu faktor utama yang membawa dampak yang signifikan adalah fasilitas seperti perpustakaan, ruang kuliah dan lain sebagainya.
Seperti layaknya sebuah universitas, Universitas HKBP Nommensen juga memiliki sebuah perpustakaan yang lengkap dengan luas 4047 m2 di Medan dan 837 m2 di Pematang Siantar, luas seluruhnya 4884 m2.


Perpustakaan Nommensen dilengkapi dengan 16000 buah buku, dengan 13000 judul, telah menjadikan perpustakaan ini menjadi perpustakaan terbesar dan terbaik di Sumatera pada kategori universitas swasta. Perpustakaan Universitas HKBP Nommensen juga pernah menjadi juara I lomba perpustakaan tingkat Sumatera Utara, dan juara harapan II dalam tingkat nasional.
Sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, pihak universitas juga selalu menambah buku-buku baru untuk dijadikan sebagai referensi bagi mahasiswa-mahasiswi. Disamping itu juga banyak pihak luar yang menambahkan perbendaharaan buku Universitas HKBP Nommensen antara lain Dr. (HC) Johannes Rau (presiden Republic Federal Jerman) sebagai dosen kehormatan, Drs. Abdillah, MBA, Ak. sebagai alumni Universitas HKBP Nommensen.


Dalam pengoperasiannya perpustakaan Universitas HKBP Nommensen sifatnya tertutup, mahasiswa tidak dapat berinteraksi langsung dengan rak buku. Bila mahasiswa ingin mendapatkan informasi tentang sebuah buku, mahasiswa dapat memperoleh dengan menggunakan fasilitas komputer yang dilengkapi dengan sebuah aplikasi yang menyediakan informasi tentang buku yang tersedia. Selain itu, beberapa fakultas memiliki perpustakaan sendiri yang diurus dan ditangani langsung oleh Fakultas tersebut.
Perpustakaan ini juga berfungsi sebagai tempat menyimpan hasil karya mahasiswa yang telah lulus yang berupa skripsi.


Peraturan Perpustakaan

1. Peminjam buku perpustakaan adalah mahasiswa Universitas HKBP Nommensen
2. Menunjukkan kartu anggota perpustakaan saat meminjam buku

Syarat pendaftaran menjadi anggota perpustakaan :

1. Terdaftar sebagai dosen Universitas HKBP Nommensen atau mahasiswa tetap dan bukan alumni
2. Menunjukkan KTM dan kwitansi bukti pembayaran uang kuliah
3. Menyerahkan photo terbaru ukuran 3 x 4

Langkah-langkah peminjaman:

1. Menunjukkan kartu anggota perpustakaan
2. Mencari informasi tentang buku yang akan dipinjam melalui komputer sebagai mesin pencari
3. Memberikan ID kepada petugas tentang buku yang dipinjam
4. Menerima buku yang sudah dipesan, tanpa berhubungan langsung dengan rak buku