Pers Mahasiswa BIDIK UHN

UKM Jurnalistik dan Publikasi

Gerat sejarah baru telah tergores dalam rentetan pristiwa penting di Kampus Universitas HKBP Nommensen (UHN), dengan berbekal landasan ingin melahirkan suatu organisasi yang bertindak sebagai mediator komunikasi antara para policy maker dan policy follower, sebuah wujud dan implementasi secara langsung yang bertujuan menjadi media komunikasi internal maupun eksternal di kampus, media yang diharapakan menjadi penghubung antara para kaum pembuat kebijakan ‘policy maker’ dan si penerima kebijakan ‘policy follower’.

Pers Mahasiswa BIDIK UHN adalah organisasi yang dimaksudkan, lahir pada 6 April 2013 bergerak dalam bidang jurnalistik dan publikasi, bertindak atas dasar idealisme kejujuran dan kebebasan bersuara, mengutamakan moralitas, dan tetap independen, tidak memihak kepada siapapun atau apapun, komit dalam nilai-nilai pemberitaan yang memberi aspirasi kepada semua orang.

UKM ini lebih akrab di panggil dengan ‘persma bidik’ adalah suatu media komunikasi dan publikasi yang ada di kampus Nommensen dengan sasaran kinerja dan kegiatan kepada setiap masyarakat civitas akademika yang termasuk sebagai bagian anggota UHN. Berlandaskan harapan yang bergerak sebagai media penghubung antara pihak internal (masyarakat kampus) maupun pihak eksternal (alumni dan kenalan kampus).

Berusaha keras membantu setiap pribadi yang ada di kampus Nommensen terutama mahasiswa agar menjadi mahasiswa yang aktif, kreatif, inovatif, aspiratif, kritis, dan  berwawasan luas. Mencoba menumbuhkan minat membaca dan menulis bagi mahasiswa yang dianggap sebagai insan cendikia, intelektual yang berwawasan luas, sebab minat membaca menulis haruslah tumbuh dan menjadi budaya yang berkarater bagi setiap mahasiswa, seperti kata Pramoedya Ananta Toer “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”

Walaupun bergerak dan beroperasi untuk masyarakat kampus UHN, namun seluruh anggota pers mahasiswa diberdayakan dan dilatih untuk bekerja profesional layaknya jurnalis-jurnalis andal dan berpengalaman. Dilatih oleh jurnalis-jurnalis berpengalaman dari media cetak, online, maupun media eletronik. Bentuk nyata dari kinerja pers mahasiswa BIDIK UHN untuk kampus dan masyarakat adalah dengan lahirnya produk tulisan dalam bentuk tabloid yang terbit setiap dua bulan satu kali.

Terlepas dari itu semua sebagai UKM yang bergerak dibidang jurnalistik dan publikasi pemberitaan, Pers Mahasiswa BIDIK UHN adalah media yang harus tetap kritis terhadap segala hal, tidak memihak, jujur dan bertanggung jawab, dan tetap bermoral. Hal ini sesuai dengan motto UKM yang terlampir dalam tabloid, “Kritis Menganalisis, Berimbang dalam Pemberitaan” yang sesuai dengan motto pelayanan kampus HKBP Nommensen, yaitu Pro Deo et Patria yang berarti bagi Tuhan dan Ibu Pertiwi, karya nyata pelayanan dan pengabdian bagi Tuhan dan Ibu Pertiwi.