TOEFL ITP and Prediction Test

Universitas HKBP Nommensen (UHN) telah resmi menjadi tempat pelaksanaan TOEFL ITP oleh Educational Testing Service (ETS) Princeton USA melalui Indonesian International Education Foundation (IIEF) Jakarta. IIEF adalah satu-satunya institusi yang diijinkan oleh ETS mengkoordinir pelaksanaan TOEFL ITP di Indonesia. Pelaksanaan TOEFL ITP di UHN dikoordinir langsung oleh Office of International Affairs (OIA) UHN dan IIEF Jakarta  dengan panduan sebagai berikut:

  • (1) Sebelum mendaftar, pastikan bahwa bulan ini Anda belum mengikuti ujian TOEFL ITP di institusi manapun di Indonesia. Anda hanya diperkenankan ujian TOEFL ITP satu kali dalam satu bulan di semua institusi yang berafiliasi dengan ETS melalui IIEF di Indonesia. Pelanggaran hal tersebut akan mengakibatkan nilai ujian mengulang Anda pada bulan yang sama tidak akan diterbitkan.

  • (2) Jangan lupa membawa: Kartu Identitas Asli yang masih berlaku (KTP/SIM/Paspor), pensil 2B, penghapus, papan ujian untuk alas LJK, dan rautan  pada saat ujian test. Anda tidak diizinkan pinjam meminjam alat tulis selama ujian berlangsung dan semua alat komunikasi harus dinonaktifkan (tidak boleh silent). Hasil ujian (sertifikat) dapat diambil 14 hari kerja setelah ujian berlangsung. Bagi peserta yang diluar kota dan ingin dikirimkan sertifikatnya melalui kurir/pos express maka dikenakan biaya jasa Rp. 100.000 (Sumatera Utara) dan Rp. 200.000 (Luar Sumatera Utara).

  • (3) Biaya yang telah dibayar tidak bisa dikembalikan, jadwal yang telah dipilih tidak bisa diubah, dan peserta yang tidak dapat hadir pada hari H tidak mendapat pengembalian uang dan tidak dapat digantikan (dialihkan) ke peserta lainnya. Pada saat Anda telah mengirim formulir TOEFL ITP ke email OIA UHN maka pada saat itu juga Anda secara otomatis telah dibelikan satu buah buku soal TOEFL IPT oleh OIA UHN yang langsung terecord di IIEFF Jakarta.

  • (4) Terhitung Sejak Desember 2015 Pihak IIEF telah menaikkan harga TOEFL. Biaya test  adalah Rp. 495.000 (khusus mahasiswa dan alumni UHN serta pegawai dan dosen UHN). Khusus peserta umum, dari luar UHN adalah Rp. 530.000 (dikenakan biaya cetak Buku Test Taker TOEFL ITP sebesar Rp. 35.000 dan sudah diberikan satu buah BUKU INSPIRASI BELAJAR KE NEGERI FORMOSA MEMBANGUN SUMATERA UTARA (Perjalanan Inspiratif Putra-Putri Sumatera Utara Menimba Ilmu di Taiwan). Biaya di atas sudah termasuk biaya sertifikat asli, dan belum termasuk biaya sertifikat legalisir. Bagi peserta yang membutuhkan sertifikat legalisir dikenakan biaya tambahan Rp. 20.000/lbr atau Rp. 50.000/3 lbr.

  • (5) Proses Pendaftaran bisa dilaksanakan secara langsung maupun tidak langsung (via email). Kami tidak menerima pembayaran tunai di tempat. Biaya harus ditransfer ke Rekening No 106 001 133 6586 Bank MANDIRI atas nama Univ. HKBP Nommensen (OIA UHN), Silahkan SCAN bukti pembayaran bank Anda dan copykan pada halaman terakhir formulir ini. Bagi yang mendaftar secara langsung maka wajib mengisi Formulir Bank yang tersedia di Kantor OIA UHN lalu melakukan pembayaran ke Bank atau ATM yang ada di UHN. Pendaftaran hanya diproses bila biaya test sudah dilunasi. Tempat testing dilaksanakan di UHN Medan dan UHN Siantar (pilih tempat terdekat).

  • (6) Peserta yang mendaftar secara langsung maupun tidak langsung wajib mengirim kembali formulir ini melalui email ke: itp.nommensen@gmail.com  (khusus Medan), dan ke international.nommensen@gmail.com  (khusus yang ujian di Siantar). Apabila formulir tidak dikirim maka Anda tidak akan mendapat nomor ujian. Anda tidak perlu harus datang ke Kantor OIA UHN bila sudah mengirimkan formulir ini beserta bukti transfer Bank. Jangan lupa membawa print out formulir ini pada saat pelaksanaan ujian. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi HP 082168251072 (Ibu Ayu – Kelas Medan) dan HP 08170978378, 087749304741 (Bapak Bobby  Kelas Siantar).

  • (7) Batas Pendaftaran dan pembayaran biaya test terakhir adalah 14 hari sebelum tanggal pelaksanaan test, namun Pendaftaran akan tetap dibuka sampai pada hari H bila kuota masih tersedia.

  • (8) Khusus untuk Perusahaan, Pemerintah Daerah/Kota, Sekolah, Universitas dan Institusi lainnya yang ingin menyelenggarakan TOEFL ITP melalui OIA UHN maka OIA UHN menawarkan dua alternatif; pertama OIA UHN datang ke tempat tujuan dengan syarat institusi yang dituju menyediakan ruangan ujian dan Tape Recorder/sound system dengan biaya test Rp. 750.000/orang dan menanggung seluruh biaya akomodasi dan transportasi PP team dari OIA UHN, atau kedua semua peserta datang test ke UHN dengan biaya seperti pada point No. 2 dan 4 di atas, dalam hal ini OIA UHN tidak menanggung biaya akomodasi dan perjalanan peserta ke UHN. Jumlah peserta menimal 10 orang. Jadwal pelaksanaan test disesuaikan dengan permintaan Perusahaan, Pemerintah Daerah/Kota, Sekolah, Universitas dan Institusi yang ingin bekerjasama dengan OIA UHN dengan catatan tanggal pelaksanaan testing harus sudah dikonfirmasikan ke OIA UHN 2 minggu sebelum hari H. Khusus untuk informasi lebih lanjut point 8 ini silahkan menghubungi HP:  081397360600 (Dr. Mula Sigiro, M.Si, Ph.D).

  • (9) KLIK disini untuk mendownload FORMULIR dan JADWAL LENGKAP untuk Pendaftaran TOEFL ITP.

  • (10) KLIK disini untuk memperoleh Contoh Latihan Pengisian Biodata/LJK Saat Ujian Berlangsung (Handbook and Admission Form).

  • (11) Untuk melihat hasil SKOR TOEFL ITP yang telah dilaksanakan, klik disini: TOEFL ITP 20 Juni 2015; TOEFL ITP 04 Juli 2015; TOEFL ITP 25 Juli 2015; TOEFL ITP 08 Agustus 2015; TOEFL ITP 22 Agustus 2015; TOEFL ITP 05 September 2015TOEFL ITP 10 Oktober 2015; TOEFL ITP 23 Oktober 2015; TOEFL ITP 30 Oktober 2015; TOEFL ITP 28 Nopember 2015; TOEFL ITP 14 Desember 2015; TOEFL ITP 09 Januari 2016; TOEFL ITP 16 Januari 2016; TOEFL ITP 21 Januari 2016; TOEFL ITP 06 Februari 2016; TOEFL ITP 13 Februari 2016; TOEFL ITP 20 Februari 2016; TOEFL ITP 5 Maret 2016TOEFL ITP 12 Maret 2016TOEFL ITP 19 Maret 2016; TOEFL ITP 02 April 2016; TOEFL ITP 09 April 2016; Terhitung Mei 2016 hasil Skor TOEFL ITP versi PDF langsung dikirim oleh OIA UHN ke email yang bersangkutan.
  • TOEFL PREDICTION

    Untuk menguji kemampuan para peserta sebelum menjalani TOEFL ITP, English Language Training Centre (ELTC) OIA UHN menyelenggarakan TOEFL Prediction Test atau disebut dengan test uji kemampuan atau disebut juga dengan UHN English Proficiency Test. Dikalangan umum TOEFL Prediction test sering disebut TOEFL Tryout atau Simulasi TOEFL. Peserta tidak harus mengikuti TOEFL Prediction Test ini bila ingin mengambil TOEFL ITP, peserta bisa langsung mengambil TOEFL ITP tanpa harus mengikuti TOEFL Prediction Test.

    ELTC OIA UHN menyelenggarakan TOEFL Prediction Test setiap hari mulai dari Senin s/d Jumat setiap Pukul 14.00 WIB. Sertifikat TOEFL Prediction Test langsung bisa diambil satu hari setelah testing pukul 16.00 WIB, berlaku selama 6 bulan. Ruangan testing di Ruangan Justin dan Ruang A Kelas Eksekutive Fak. Hukum. Adapun biaya yang harus dibayar adalah Rp.75.000 untuk setiap kali testing, namun sebagai salah satu upaya untuk pencarian tambahan biaya operasional OIA memberikan 2 lembar potokopi sertifikat legalisir dan satu buah BUKU TOEFL ITP TEST TAKER atau BUKU INSPIRASI BELAJAR KE NEGERI FORMOSA  MEMBANGUN SUMATERA UTARA (Perjalanan Inspiratif Putra-Putri Sumatera Utara Menimba Ilmu di Taiwan) dengan pengganti biaya cetak Rp. 25.000 (Buku dipilih salah satu). Kami tidak menerima pembayaran tunai di tempat. Biaya harus ditransfer ke Rekening No 106 001 133 6586 Bank MANDIRI atas nama Univ. HKBP Nommensen (OIA UHN), bagi yang mendaftar secara langsung maka wajib mengisi Formulir Bank yang tersedia di Kantor OIA UHN lalu melakukan pembayaran ke Bank atau ATM yang ada di UHN dan mengembalikan Bukti transfer Bank ke OIA UHN. Bagi peserta yang diluar kota dan ingin dikirimkan sertifikatnya melalui kurir/pos express maka dikenakan biaya jasa Rp. 100.000 (Sumatera Utara) dan Rp. 200.000 (Luar Sumatera Utara).

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Ibu Tamara : HP 0821 6825 1036

    Klik Disini Untuk Mendownload Formulir TOEFL Prediction

Catatan: apabila peserta yang TOEFL Prediction hanya membutuhkan sertifikat asli saja, tanpa legalisir maka biaya test yang dikenakan adalah Rp.75.000.