Pengabdian Masyarakat

Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khusus nya dharma terkait pengabdian masyarakat, Prodi Teknik Sipil mengadalan kunjungan dan penyuluhan-penyuluhan kepada pengelola dinas-dinas  teknis terkait prasarana bidang teknik sipil. Beberapa dosen-dosen yang mendapat kesempatan melakukan pengabdian masyarakat pada bulanJuli 2013 yang lalu adalah Ir. Elikson Panjaitan MSc. , Ir. Tiurma Elita Saragih MT. ,  Ir. Yettty R. Saragi ST. MT. ,  Ir. Partahi H. Lumbangaol MEngSc. , Humisar Pasaribu ST. MT.

Pada tanggal 10 Juli 2013 kunjungan dan penyuluhan dilakukan di  jaringan irigasi Sungai Bah Bolon Kabupaten Batubara, Propinsi Sumatera Utara.  Dalam kunjungan tersebut terlihat beberapa pintu air pada bendung utama jaringan irigasi tidak dapat beroperasi  dengan baik.  Akibatnya, alur sungai  dipenuhi endapan dan sampah menumpuk pada pintu air yang tidak dapat dibuka dan ditutup.

Bendungan

Gambar 1. Bendung yang tidak terawat pada Jaringan Irigasi Bah Bolon. Foto diambil  10 Juli 2013.

Dosen

Gambar 2.  Dosen-dosen Program Studi Teknik Sipil bersama 2 orang alumni didepan papan proyek ‘Rehabilitasi Jaringan Irigasi Bah Bolon’ Kabupaten Batubara.

Dalam kunjungan ini dosen Prodi Teknik Sipil menyarankan agar pintu-pintu air yang telah rusak segera diperbaiki. Endapan dan sampah yang menumpuk di bendung segera dibersihkan. Hal ini untuk mencegah pendangkalan alur sungai akibat endapan sedimen dan juga untuk menghindari penumpukan sampah berukuran besar seperti batang pohon yang hanyut terbawa aliran air sungai didepan pintu air.

Dari Bah Bolon, kegiatan pengabdian masyarakat dilanjutkan ke desa Meat Kabupaten Toba Samosir.  Pada tanggal 11 Juli 2013 Prodi Teknik Sipil mendapat kesempatan mengunjungi proyek penyediaan air bersih pedesaan. Pelaksanaan proyek ini berada dibawah koordinasi Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Kabupaten Toba Samosir yang dipimpin oleh salah satu alumni Prodi Teknik Sipil yaitu Ir. Darlin Sagala 

Selain kunjungan lapangan ke lokasi proyek penyediaan air bersih, para dosen juga mengadakan penyuluhan kepada dinas-dinas teknis terkait bidang teknik sipil. Beberapa alumni Prodi Teknik Sipil yang bekerja pada Pemkab. Toba Samosir maupun yang bekerja sebagai kontraktor di lingkungan Pemkab Toba Samosir turut menghadiri kegiatan penyuluhan yang diadakan.

Materi yang disampaikan antara lain adalah :

-    Komposisi Tanah oleh Ir Tiurma Elita Saragi MT

-    Persyaratan Pokok Rumah Lebih Aman oleh ibu Yetty Riris Saragi ST.MT.

-   Tempat Pembuangan Akhir Sampah oleh Ir Partahi H. Lumbangaol MEngSc., yang menjelaskan tentang keharusan penggunaan metode ‘Lahan Urug’ (Controlled Landfill) pada tempat pembuangan sampah.

Kunjungan Lokasi

Gambar 3. Kunjungan ke Lokasi Tandon Air di desa Meat. Air bersih dari mata air di pegunungan dialirkan dengan pipa ke dalam tandon. Selanjutnya masyarakat mengambil kebutuhan airnya langsung dari keran air tandon  ataupun mengalirkan ke rumah masing-masing menggunakan pipa maupun selang.

Foto Bersama

Gambar 4. Dosen Prodi Teknik Sipil bersama masyarakat dan beberapa alumni di desa Meat Kabupaten Toba Samosir.