Kunjungan Ke Proyek Fly Over Kuala Namu

Kunjungan Mahasiswa Ke Proyek Fly Over Kuala Namu

Pada tanggal 5 Oktober 2010 Prodi Teknik Sipil mendapat kesempatan untuk melihat langsung proses pembangunan jalan layang (fly over) Kuala Namu.  Dosen dan mahasiswa diterima oleh pihak kontraktor yaitu PT Adhi Karya. Dalam kesempatan tersebut mahasiswa dapat melihat langsung proses pemancangan pondasi tiang pancang yang menggunakan dua jenis metode, yaitu metode hidrolik dan metode yang menggunakan hammer.

Proses pemancangan ini terkait dengan mata kuliah Rekayasa Pondasi yang diberikan pada semester V dan diasuh oleh Ir. Yetty R Saragi MT.

Kunjungan Kualanamu

Gambar 1. Mahasiswa mendapat penjelasan mengenai proses pemancangan pondasi dari pihak PT Adhi Karya. Pada latar belakang tampak pemancangan dengan metode hidrolik.

 Kunjungan Kualanamu

Gambar 2. Proses pemancangan dengan penggunaan hammer pada proyek jalan laying Kuala Namu.

 Selain melihat proses pemancangan pondasi mahasiswa juga mendapat kesempatan menggunakan alat theodolit digital yang digunakan dalam menentukan letak-letak lokasi tiang pancang pada proyek ini.

Kunjungan Kualanamu

Gambar 3. Mahasiswa tampak antusias menunggu giliran mencoba penggunaan alat theodolit digital pada proyek Fly Over Kuala Namu.