Mahasiswa S3 CULS Kunjungi Nommensen

Program Nommensen HKBP University Goes International (NHU Goes International) adalah sebuah program untuk membangun bangsa ini, khususnya Provinsi Sumatera Utara bagaimamana supaya para anak-anak muda dari Sumut ini dalam waktu relatif muda bisa punya pengalaman internasional. Hal itu dikatakan oleh Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau di dampingi oleh Dekan Fakultas Teknik UHN Dr. Ir. Richard Napitupulu, MT di Ruang Kerja Rektor UHN saat menerima kunjungan mahasiswa S3 Ilmu Teknik dari CULS (Czech University of Life Science) Prague Republik Ceko, yakni Vadym Shapoval (WN Ukraina) dan Lukas Ficthl, Senin (9/1/2017). Kunjungan keduanya adalah untuk kerjasama penelitian dan pertukaran informasi.

Rektor UHN kepada kedua mahasiswa S3 ini mengucapkan terima kasih atas kunjungan ini. Sebelumnya UHN telah punya MoU dengan CULS Rep. Ceko dalam bentuk pertukaran mahasiswa dan pertukaran dosen, serta penelitian bersama para dosen. Tim delegasi dari CULS sebelumnya juga sudah sering berkunjung ke UHN, tegas Rektor lagi. Rektor UHN juga mengatakan, dengan adanya kunjungan ini, NHU Goes Interntional semakin menguat dan melembaga betapa UHN keberadannya harus punya ciri tersendiri, yakni mendorong semua alumninya kelak punya wawasan internasional karena kita tidak mungkin bisa menghindari dari pengaruh globalisasi, tegas Rektor lagi.

Rektor UHN juga mengatakan mengatakan Sejak awal tahun 2015, UHN telah memulai era baru yakni masuk ke pasar global yang disemangat oleh tantangan dan peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA. Nommensen harus mampu bersaing di pasar global agar tidak menjadi pecundang. Untuk itulah kami mencanangkan misi “NHU goes international” yang dilaksanakan melalui 8 program yakni (1) pengakuan internasional kepada alumni dalam bentuk belajar di luar negeri dan bekerja di luar negeri, (2) layanan dengan mutu kelas dunia, (3) kuliah internasional, (4) publikasi ilmiah internasional, (5) program studi campuran internasional, (6) pertukaran dosen internasional, (7) pertukaran mahasiswa internasional, dan (8) dua-gelar internasional. Berbagai hasil telah kita capai antara lain, sejak 1 April 2015 Nommensen telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan 27 Universitas terkemuka di Cheko, Amerika Serikat, Taiwan, Thailand, Jepang dan Korea Selatan dan Malaysia.

Selain itu tambah Rektor UHN, Nommensen sudah pernah mengirim Dosen Fakultas Pertanian Drs Samse Pandiangan, M.Sc, PhD dan Dosen Fakultas Teknik Dr Ir. Richard Napitupulu, MT sebagai dosen tamu dan peneliti tamu selama 2 bulan di Czech University of Life Science (CULS) Rep. Ceko. Ini sebuah prestasi yang sangat membanggakan bagi UHN betapa UHN punya program visioner untuk mendidik anak-anak muda Sumut berwawasan internasional, tegas Rektor.

Sementara Dekan FT UHN Dr. Ir. Richard Napitupulu, MT menegaskan kunjungan mahasiswa S3 Ilmu Teknik CULS ini akan kita manfaatkan untuk pengembangan teknik dengan menjalin kerjasama secara kelembagaan dengan CULS. Kunjungan mahasiswa ini juga memebrikan suasana baru kepada semua mahasiswa FT untuk bisa melakukan sharing dengan mereka, karena mahasiswa S3 Ilmu Teknik CULS ini juga kita beri kesempatan berdiri di ruangan kelas, tegas Dekan FT ini. Semoga dengan adanya kunjungan mahasiswa S3 CULS ini kedepan program –program pengembangan Ilmu Keteknikan bisa kita perdalam karena CULS sangat siap bermitra dengan UHN, tegas Dekan Lulusan Teknik Mesin UI Jakarta ini.

Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau didampingi Dekan FT Dr. Ir. Richard Napitupulu, MT sedang diskusi dengan mahasiswa S3 Dari CULS Rep. Ceko di Ruang Kerja Rektor UHN