Nommensen Berangkatkan Borang Akreditasi Institusi

Universitas HKBP Nommensen (UHN) memberangkatkan Borang dan Evaluasi Diri setelah disusun berdasarkan berdasarkan instrumen Borang AIPT dan Pedoman Evaluasi Diri AIPT tahun 2011 yang diterbitkan oleh BAN-PT ke BAN-PT, kata Rektor UHN dr. Ir. Sabam Malau didampingi oleh Wakil Rektor I Dr. Haposan Siallagan, SH, MH, Wakil Rektor II Drs. Charles M Sianturi, MSBA, Wakil Rektor III Dr. Ir. Sindak Hutauruk, MS.EE, dan Wakil Rektor IV Dr. Hilman Pardede, M.Pd, Kepala Bagian Akreditasi UHN Sabar Tampubolon, SE, MM pada saat Rapat Pimpinan (Rapim) UHN bersama semua Dekan di Ruang Dr. Justin, Rabu (21/12/2016).

Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau mengatakan, UHN akan selalu taat dan mengikuti aturan dari pemerintah. Apapun yang dilakukan oleh Dirjen Dikti dan BAN-PT akan selalu kami ikuti dalam rangka meningkatkan kualitas perguruan tinggi. UHN telah menyusun Borang dan Evaluasi Diri ini dengan baik dan akan kita kirimkan untuk mendapat penilaian dari BAN-PT. Borang ini kita susuk sedemikian rupa dan penuh dengan ketelitian agar hasilnya benar-benar maksimal, tetapi apapun nantinya penilaian dari BAN-PT kita telah siap, tetapi kita sangat optimis hasilnya pasti baik.

Rektor juga mengatakan program NHU Goes International perlu didukung oleh Akreditasi Institusi yang baik pula. Sebagaimana dikatakan oleh Rektor UHN sejak awal tahun 2015, UHN telah memulai era baru yakni masuk ke pasar global yang disemangat oleh tantangan dan peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA. Nommensen harus mampu bersaing di pasar global agar tidak menjadi pecundang. Untuk itulah kami mencanangkan misi “NHU goes international” yang dilaksanakan melalui 8 program.

Adapun ke-8 program itu, yakni (1) pengakuan internasional kepada alumni dalam bentuk belajar di luar negeri dan bekerja di luar negeri, (2) layanan dengan mutu kelas dunia, (3) kuliah internasional, (4) publikasi ilmiah internasional, (5) program studi campuran internasional, (6) pertukaran dosen internasional, (7) pertukaran mahasiswa internasional, dan (8) dua-gelar internasional. Berbagai hasil telah kita capai antara lain, sejak 1 April 2015 Nommensen telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan 27 Universitas terkemuka di Cheko, Amerika Serikat, Taiwan, Thailand, Jepang dan Korea Selatan dan Malaysia. Jadi program NHU Goes International ini perlu didukung oleh Akreditasi Institusi yang baik dan benar.

Sementara Wakil Rektor I dalam bidang Akademik Dr. Haposan Siallagan SH, MH mengatakan saat ini 27 Prodi di UHN sudah mendapat Akreditasi B (95%). Dan ini adalah salah satu prasyarat untuk mendapatkan Akreditasi Institusi. Dengan demikian, Borang yang telah kita susun dan Pedoman Evaluasi Diri (AIPT) Tahun 2011 oleh BAN-PT telah kita buat dengan baik dan memenuhi standard dari BAN-PT. Artinya, UHN sangat mendukung Program Akreditasi Institusi ini karena ini merupakan bukti bahwa pemerintah sangat serius mendukung mutu pendidikan tinggi. Kita harapkan hasil yang kita harapkan minimal B, dan kita sangat optimis untuk itu. Saya sangat mengharap dukungan masyarakat dan doa dari masyarakat untuk keberhasilan Akreditasi Institusi UHN, karena UHN lahir untuk membangun kemajuan bangsa, tegas pakar hukum tata negara UHN ini dan Doktor lulusan Hukum Tata Negara USU ini.

Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau mengabdikan Surat Permohonan Akreditasi Institusi UHN kepada BAN-PT Bersama Para WR dan Dekan di Lingkungan UHN Saat Rapim Terakhir UHN 2016