Magister Ilmu Administrasi (MIA) Nommensen Hadir Untuk Memenuhi Kebutuhan Jaman

Kabar baik bagi masyarakat Provinsi Sumatera Utara kembali datang dari Universitas HKBP Nommensen (UHN), dimana Pascasarjana UHN menambah satu Program S2 lagi (Magister) lagi, yaitu Magister Ilmu Administrasi (MIA) sesuai dengan SK Menteri Riset , Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 22/KPT/I/2016 tanggal 20 Juli 2016. Program ini hadir sebagai upaya untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan pemerintahan daerah Sumatera Utara tentang SDM dalam bidang kebijakan publik, manajemen publik, dan analis pembangunan tegas Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau saat melakukan rapat p dengan para fungsionaris Pascasarjana UHN tentang pematangan program S2 MIA ini kedepan di Ruang Rektor UHN, Kamis, (1/12/2016).

Sebagaimana yang dikatakan oleh Ketua Program Studi Magister Ilmu Administrasi (MIA) Dr. Drs. Marlan Hutahaean, M.Si latar belakang dari program ini adalah sebagai upaya menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan betertika tinggi di sektor publik dan bisnis. Kedepan, para lulusannya diharapkan mampu menjadi pemimpn yang berjiwa wirausaha , berwawasan luas, dan mampu mampu menjadi agent perubahan guna mewujudkan good governance dan good coorporate governance, tegas Dr. Marlan Hutahaean, M.Si yang merupakan Alumni S2 dan S3 Kebijakan Publik UGM ini.

Sementara visi dari S2 MIA ini adalah menyelenggerakan pendidikan tinggi bermutu yang mampu bersaing secara nasional dan internasional, menyelesaikan peenlitian yang berdaya saing nasional dan internasional dan relevan dengan tuntutan pengguna jasa pendidikan tinggi, menyelesaikan pengabdian pada masyarakat secara nasional dan internasional, dan menjalin kerjasama untuk meningkatkan citra program studi MIA.

Visi dari S2 MIA ini akan didukung oleh tujuan seperti menghasilkan sumber daya yang insani yang cakap, mandiri dan memiliki tanggung jawab dan berpegang teguh pada etika administrasi, memahami secara komprehensif teori dan metode yang terkait dengan sektor publik dan bisnis, dan menghasilkan lulusan yang mampu besaing di pasar kerja dan membuka lapangan kerja. Tujuan S2 MIA ini tentu sangat relevan dengan tuntutan dan kebutuhan jaman, tegas Dr. Marlan Hutahaean lagi.

Sementara Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Pasaman Silaban SE, MSBAU yang didapingi oleh Asisten Direktur I Dr. Adenan Silaban, M.Si, Rusliaman Siahaan, SE, MM mengatakan sangat optimis bahwa S2 MIA ini akan banyak diminati karena S2 ini akan menjwab kebutuhan jaman seperti memenuhi kebutuhan analis kebijakan, manajemen publik sebagai upaya mendorong terwujudnya good governance dan good coorporate governance, tegas Prof. Pasaman Silaban. Kita akan mendorong bagaimana S2 MIA ini akan jadi salah satu tujuan para PNS, usahawan, swasta di Sumatera Utara untuk menimba ilmu sehingga mereka makin profesional di bidangnya masing -masing, dan itulah yang jadi panggilan kita bersama UHN ini, tegas Prof. Dr. Pasaman Silaban yang pernah sama kuliah S2 di University Of Illinois USA bersama Menteri Keuangan RI sekarang Dr Sri Mulyani.

Turut hadir dalam Rapat Pematangan Program S2 MIA ini WR I Dr. Haposan Siallagan SH, MH, WR II Drs. Charles M Sianturi, MSBA, WR III. Dr. Ir. Sindak Hutauruk, MS.EE, dan WR IV Dr. Hilman Pardede, M.Pd.

Direktur Pascasarjana UHN Prof. Dr. Pasaman Silaban Disaksikan Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau memberikan SK S2 Magister Imu Administrasi (MIA) kepada Kaprodi S2 MIA Dr. Drs. Marlan Hutahaean, M.Si di Ruang Kerja Rektor UHN