Provinsi Sumut Bangga Nommensen Mendunia

Gubernur Sumut H. Ir. Tengku Erry Nuradi, M.Si

Provinsi Sumut Bangga Nommensen Mendunia

Kita bangga Universitas HKBP Nommensen (UHN) bisa mendunia dengan program “UHN Goes Interntional” dan mendorong sumber daya manusia bertaraf global di Sumut dan juga negara ini, tegas Gubernur Sumut H. Ir. Tengku Erry Nuradi, M.Si yang dibacakan oleh Kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sumut dan Ferlin Nainggolan, SH M.Si saat Wisuda Periode ke II Diploma, Sarjana, dan Magister berjumlah 1993 orang serta acara Dies Natalis ke -62 Universitas HKBP Nommensen di Gedung Selecta.

Gubernur mengatakan, kehadiran UHN telah memudahkan masyarakat Sumut untuk menjalani hidup karena UHN sangat berperan membentuk SDM bertaraf global di Sumut. Bahkan Gubernur juga sangat bangga dengan logo UHN yang melambangkan kehidupan dan kesiapan menghadapi tantangan global. Sekali lagi, selamat dan sukses kepada wisudawan dan semoga dengan usia yang ke 62 UHN bisa terus mengemban visi dan misi “UHN Goes International”, tegas Gubernur Sumut di , Selasa (18/10/2016)

Sementara Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau dalam sambutannya mengatakan Sejak awal tahun 2015, UHN telah memulai era baru yakni masuk ke pasar global yang disemangat oleh tantangan dan peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA. Nommensen harus mampu bersaing di pasar global agar tidak menjadi pecundang. Untuk itulah kami mencanangkan misi “NHU goes international” yang dilaksanakan melalui 8 program yakni (1) pengakuan internasional kepada alumni dalam bentuk belajar di luar negeri dan bekerja di luar negeri, (2) layanan dengan mutu kelas dunia, (3) kuliah internasional, (4) publikasi ilmiah internasional, (5) program studi campuran internasional, (6) pertukaran dosen internasional, (7) pertukaran mahasiswa internasional, dan (8) dua-gelar internasional. Berbagai hasil telah kita capai antara lain, sejak 1 April 2015 Nommensen telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan 27 Universitas terkemuka di Cheko, Amerika Serikat, Taiwan, Thailand, Jepang dan Korea Selatan dan Malaysia.

Rektor UHN menambahkan lagi saat Ini menunjukkan bahwa UHN telah diakui sebagai perguruan tinggi bertaraf international atau setidak-tidaknya sebagai perguruan tinggi yang berpotensi untuk bertaraf internasional. Saat ini Nommensen telah mengirimkan 53 mahasiswanya ke berbagai perguruan tinggi ternama di Taiwan dan Korea Selatan pada 3 Februari dan Agustus 2016 yang lalu untuk kuliah selama satu semester atau praktek lapang disana. Selain itu, Nommensen mengirim Dosen Fakultas Pertanian Dr Samse Pandiangan dan Dosen Fakultas Teknik Dr Richard Napitupulu sebagai dosen tamu dan peneliti tamu selama 2 bulan di Czech University of.

Sementara Koordinator Kopertis dalam sambutannya yang dbacakan oleh Drs. Herianto, M.Si mengatakan UHN adalah PTS sehat dan selalu jadi mitra yang baik pada Kopertis Wilayah I untuk mengemban tujuan pendidikan tinggi di Sumut. Sementara Ketua Yayasan UHN Ir. Nurdin Tampubolon juga mengatakan pengembangan UHN ke arah global untuk mempersiapkan SDM yang mampu menghadapi MEA dengan Visi dan Misi “UHN Goes International” akan didukung oleh Yayasan UHN karena itu untuk pembangunan bangsa, tegas Ir. Nurdin Tampubolon yang juga merupakan anggota DPR RI.

Pelaksanaan wisuda Periode II UHN tahun 2016 dan Dies Natalis ke 62 ini di ketuai oleh Dr. Marlan Hutahaean, M.Si dan Sekretaris Drs. Juara Simanjuntak, M.Si. Pada Dies Natalis ke - 62 ini juga disertai dengan Orasi Ilmiah dari Wakil Rektir I UHN Dr. Haposan Sialalagan, SH, MH dengan judul orasi Ilmiah “Penguatan Fungsi Legislasi DPR Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Produk Legislasi Nasional”. Kemudian memberikan PIN emas kepada dosen yang sudah selesai S3 dan dosen berprestasi, yakni Dr. Ir. Sindak Hutauruk, MSEE, Dr. Janpatar Simamora, SH, MH, Dr. Herlina Manullang SH MH, dan Dr. Junita Batubara, M.Sn, PhD. Adapun wisudawan terbaik adalah Ricky Asi. E. Siahaan, M.Pd dari Pascasarjana Bahasa Inggris dengan IPK 4,00 dan Jalaluddin M,.Pd juga dengan IPK 4,00.

Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau sedang foto bersama dengan para wisudawan terbaik dalam acara Wisuda Periode ke II UHN 2016 dan Sekaligus acara Dies Natalis ke-62