Mahasiswa Prodi Musik Nommensen Selesaikan “Student Exchange” dari Malaysia

Empat mahasiswa Program Studi Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas HKBP Nommensen (UHN) atas nama Sidiana Irmauli, Ruth Sesy Malau, Belia Tania Panjaitan, yang setelah selesai melakukan tugasnya menjadi duta Sumut selama enam bulan di Universitas Malaysia Sarawak melalui program “Student Exchange” diskusi dengan Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau  dan WR IV UHN Dr. Hilman Pardede, M.Pd selama menjadi mahasiswa di kampus UNIMAS Malaysia tersebut di ruang Kerja Rektor, Jumat, (28/07/2017).

Rektor UHN sangat bangga dengan prestasi mahasiswa Seni Musik ini. Ini merupakan sebuah momentum yang sangat bagus betapa UHN sangat serius dengan program “NHU Goes Internationalnya”, tegas Rektor UHN. Rektor UHN mengharapkan kedepan mahasiswa dari semua program studi semakin banyak yang mengikuti program Student exchange ini sebagai upaya untuk membekali mereka menajdi manusia yang bermutu yang bisa jadi andalan bangsa ini.  Kita sangat mengharapkan program ini adalah program yang menjadi andalan betapa kita harus serius mempersiapkan SDM yang bermutu di tengah era pergaulan internasional saat ini, tegas Rektor.

Rektor menegaskan, kita tidak akan bisa menghindari era globalisasi yang saat ini sedang kita hadapi, seperti MEA ini. Mau tidak mau, kita harus siap dengan tidak meninggalkan nilai –nilai yang kita anut, tegas Rektor lagi. Rektor juga menegaskan saat ini semua negara sedang membuka diri dengan adanya globalisasi. Pada era globalisasi sumbangan para ilmuan sangatlah besar untuk mendorong kemajuan bangsa –bangsa. Tentu harapakn kita semua bangsa saling mangisi, saling berbagi, dan saling mendorong atas dasar kebersamaan. Melihat peluang globalisasi  ini, UHN sangat menyadari betapa UHN perlu membangun hubungan kemitraan dengan para perguruan tinggi dari negeri luar untuk mendukung kemajuan pendidikan.

Bahkan Rektor melaporkan progres “NHU Goes International” yang sedang digalakkan saat ini, dimana sejak awal tahun 2015  UHN telah memulai era baru yakni masuk ke pasar global yang disemangat oleh tantangan dan peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA.  Nommensen harus mampu bersaing di pasar global agar tidak menjadi pecundang.  Untuk itulah kami mencanangkan misi “NHU goes international” yang dilaksanakan melalui 8 program yakni (1) pengakuan internasional kepada  alumni dalam bentuk belajar di luar negeri dan bekerja di luar negeri, (2) layanan dengan mutu kelas dunia, (3) kuliah internasional, (4) publikasi ilmiah internasional, (5) program studi campuran internasional, (6) pertukaran dosen internasional, (7) pertukaran mahasiswa internasional, dan (8) dua-gelar internasional.   Berbagai hasil telah kita capai antara lain, sejak 1 April 2015 Nommensen telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan 27 Universitas terkemuka di  Cheko, Amerika Serikat, Taiwan, Thailand, Jepang dan Korea Selatan dan Malaysia, tegas Rektor UHN.

Sementara Dekan FBS Dra. Rotua Pangaribuan, M.Hum didampingi dosen FBS Prof. Dr. Sondang Manik, M.Hum, dan Ance Panggabean, S.Sn, M.Sn mengatakan sangat senang atas program “Student Exchange” ini dan mengucapkan terima kasih atas dukungan rektor. Kedepan mahasiswa FBS akan kita dorong terus untuk mengikuti program Student Exchange ini, karena program ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan mutu lulusan mahasiswa FBS kelak, serta mampu bersaing di era globalisasi, kata Dekan. Untuk itu, jangan ragu untuk kuliah di FBS UHN, tegas dekan FBS ini lagi.

Rektor UHN Dr. Ir Sabam Malau didampingi oleh WR IV Dr. Hilman Pardede, M.Pd foto bersama dengan mahasiswa FBS yang baru saja pulang dari Universitas Malaysia Sarawak melalui Program “Student Exchange” di ruang Kerja Rektor