Buka Puasa Bersama - Nommensen “Role Model” Mengelola Keberagaman

Buka Puasa Bersama

Nommensen “Role Model” Mengelola Keberagaman

Keluarga besar Universitas HKBP Nommensen (KB-UHN) menyelenggerakan buka puasa bersama dengan pegawai dan dosen yang beragama Islam. Mengingat pegawai, doen, dan mahasiswa ada juga yang beragama Islam, UHN sangat menghormatinya dengan menyelenggerakan acara buka puasa bersama, untuk itu kami ingin menegaskan bahwa UHN adalah ‘role model” dalam mengelola kebergaman, tegas Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau ketika memberikan kata sambutan pada acara buka puasa bersama pegawai dan dosen UHN di Perpustakaan UHN Kamis, (14/06/2017).

Dalam sambutannya Rektor dengan tegas mengatakan, semua umat beragama di Sumatera Utara harus menghormati ibadah puasa karena ibadah puasa yang menjalankan umat Islam merupakan upaya membangun karakter dan untuk kemajuan bangsa kita ini kelak. Rektor menegaskan, kerukunan umat bergama di Sumatera Utara yang telah lama terjalin kita harapkan memperkuat dan mempererat persatuan dan kesatuan. Keberagaman di Sumut merupakan anugerah Tuhan karena dengan beragam dalam suku dan agama kita semakin kaya. Indonesia, khususnya Sumut merupakan daerah yang punya potensi sangat besar dari sudut keberagaman.

Harmonisasi kerukunan yang telah terjalin diharapkan makin mempererat persatuan dan kesatuan yang telah kita jaga, tegas Rektor UHN. Rektor UHN mengatakan, mahasiswa Muslim, dosen yang ada di UHN dalam menjalankan ibadah puasanya mendapat dukungan dari Rektor dan Dekan. Kita terus mendorong puasa yang dijalankan mahasiswa Muslim UHN itu benar-benar membangun karakternya. UHN adalah kampus yang sangat menghargai keberagaman dan keberagaman itu musti di jaga, dan kami ingin menjadi role model dalam hal mengelola keberagaman, tegas Rektor lagi. Untuk itu, tanggung jawab UHN adalah mendorong ibadah puasa itu jadi kekuatan bangsa untuk membawa bangsa ini sebagai bangsa yang berdaulat.

Menguatkan apa yang dikatakan oleh Rektor UHN Medan, Sekretaris yaysan UHN Pdt. Dr. Pintor M Sitangang juga mengatakan UHN sangat menghargai keberagaman karena ini adalah anugerah Tuhan yang musti kita rawat, tegas Pdt. Dr. Pintor M Sitanggang. Kami sebagai saudara Muslim membantu dengan segala upaya untuk keberhasilan ibadah puasa umat Muslim. Puasa merupakan ritual agama Muslim yang harus kita dukung karena dengan puasa, karakter manusia dan karakter bangsa ini bisa terbangun. Umat Muslim berpuasa, kami umat Kristen menjaga bagaimana supaya ibadah puasa itu berjalan dengan baik. Dari sini sudah dapat kita simpulkan bahwa masyarakat Sumut sangat menghargai keberagaman, dan tanggung jawab kita untuk menjaga keberagaman itu, tegas Sekretaris yayasan UHN ini.

Dekan FISIP UHN yang mewakili Dekanat Drs. Maringan Panjaitan, M.Si juga mengatakan hal yang sama bahwa UHN merupakan kampus yang sangat menghargai keberagaman. Semua umat beragama ada di lingkungan UHN. Semua mahasiswa diperlakukan sama di lingkungan UHN. UHN tidak ada membuat istilah kelompok minoritas dan juga kelompok mayoritas. Di lingkungan UHN banyak dosen yang berhijab dan itu sangat kita hargai, karena UHN menyadari keberagaman itu sangat indah. UHN sekalipun perguruan tinggi Kristen tetapi sangat menghargai umat agama lain karena landasan UHN adalah kasih dan menebarkan kasih pada semua semesta, tegas Dekan FISIP UHN ini. Acara berbuka ini dikuti oleh para dekan, Wakil dekan, kaprodi, dan beberapa unsur anggota yayasan.

Para Pegawai dan dosen UHN yang beragama Islam sedang melaksanakan Shalat di Perpustakaan pada acara buka puasa bersama di UHN