Perpustakaan Nommensen Yang Terbaik Dari semua PTS di Sumut

Perpustakaan  Universitas HKBP Nommensen (UHN) merupakan perpustakaan yang terbaik di Sumut untuk kategori perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menurut penilaian Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Hal itu dikatakan oleh Wakil Rektor I UHN Dr. Haposan Siallagan, SH, MH menanggapi penilaian dari Dinas Perpustakaan dan Arisp Pemprovsu ini di kampus UHN, Kamis, (6/07/2017). Dr. Haposan Siallagan mengatakan kepada media, ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan dan merupakan sebuah bukti betapa UHN sangat serius dalam membenahi UHN sebagai pusat pelayanan pendidikan untuk Sumut dan bangsa ini.

WR I UHN ini juga mengatakan, saat ini di Perpustakaan UHN fasilitas buku dari berbagai disiplin ilmu sangat banyak. Tiap tahun kita selalu memilih buku-buku yang cocok dengan kebutuhan mahasiswa UHN. Artinya, perpustakaan UHN adalah perpustakaan yang sangat banyak buku –buku alternatif sebagai fasilitas untuk mendukung mutu pendidikan di UHN, tegas WR I ini.

Dr. Haposan juga mengatakan saat ini UHN terus mendorong fasilitas perpustakannya karena UHN snagat menyadari betapa buku merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan kompetensi mahasiswa kita nantinya. Kita snagat mendorong semua lulusan UHN nantinya merupakan generasi agen literasi. Saat ini budaya baca masyarakat kita masih lemah, maka kami mempersiapkan semua lulusan kami untuk jadi pembawa perubahan bagi masyarakat nantinya, tegas Doktor Hukum lulusan Tata Negara USU ini lagi.

Dr. Haposan Siallagan juga mengatakan penilaian Dinas Perpustakaan dan Arisp daerah Pemprovsu ini tentu sangat fair dan objektif dengan melihat jumlah buku, mutu buku, dan kenyamanan untuk masuk ke perpustakaan. Perpustakaan UHN sangat besar dengan fasilitas ruangan yang full AC. Semua kita desain agar semua mahasiswa yang datang bisa nyaman untuk belajar dan membaca buku di dalam, tegas WR I UHN ini lagi.

Sementara Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau sangat bangga atas prestasi ini dan ini adalah bukti untuk mendorong “NHU Goes International” untuk masyarakat Sumut dan Indonesia, tegas Rektor UHN lagi. Rektor juga menambahkansejak awal tahun 2015, UHN telah memulai era baru yakni masuk ke pasar global yang disemangat oleh tantangan dan peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA.  Nommensen harus mampu bersaing di pasar global agar tidak menjadi pecundang. 

Untuk itulah kami mencanangkan misi “NHU goes international” yang dilaksanakan melalui 8 program yakni (1) pengakuan internasional kepada  alumni dalam bentuk belajar di luar negeri dan bekerja di luar negeri, (2) layanan dengan mutu kelas dunia, (3) kuliah internasional, (4) publikasi ilmiah internasional, (5) program studi campuran internasional, (6) pertukaran dosen internasional, (7) pertukaran mahasiswa internasional, dan (8) dua-gelar internasional.   Berbagai hasil telah kita capai antara lain, sejak 1 April 2015 Nommensen telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan 27 Universitas terkemuka di  Cheko, Amerika Serikat, Taiwan, Thailand, Jepang dan Korea Selatan dan Malaysia. Jadi prestasi UHN dengan meraih juara I lomba Perpustakaan kategori PTS oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Provinsi Sumut merupakan sebuah bukti konkrit bahwa UHN sangat serius dalam membenhi UHN sebagai pusat pelayanan pendidikan tinggi bermutu di Sumut, tegas Rektor UHN lagi.

Dr. Haposan Siallagan, SH, MH dalam sebuah kesempatan diskusi dengan Menkumham RI Yasonna H Laoly, SH, M.Sc, PhD di Ruang Perpustakaan UHN yang kemarin ditetapkan Sebagai yang terbaik di Sumut Kategori PTS