Nommensen Pertegas Bangun Budaya Mutu

Kita jangan cepat puas setelah mendapatkan nilai B  AIPT (Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi), justru ini harus jadi motivasi yang lebih baik untuk meningkatkan budaya mutu di lingkungan Universitas HKBP Nommensen (UHN) sekaligus mempertegas kepada masyarakat bahwa UHN sangat komit dengan budaya mutu, tegas Rektor Dr. Ir. Sabam malau saat membuka acara “Opening Ceremony AMI Siklus III” di Ruang Dr. Justin UHN, Senin (10/07/2017).  Rektor UHN juga menghimbau agar semua Prodi tidak terlena dengan Akreditasi “B” yang sudah dicpaai, harus berpikir bagaimana supaya Prodi Bisa “A”.

Rektor sangat mengharapkan semua Prodi serius dalam melakukan Siklus Audit Mutu Internal (AMI) Siklus III sehingga bisa menghasilkan out put yang maksimal. Majunya Universitas ini bukan hanya karena Rektor semuata, tetapi merupakan kerja kolektif semua komponen di UHN ini, tegas Rektor. Melalui AMI Siklus III ini kita mau lihat apa saja yang membuat kita tidak bisa mencapai nilai maksimal (A), dan ini harus jadi baha evaluasi, harap Rektor lagi. Untuk itu, kalau kita bisa bekerja lebih keras lagi, maka kita bisa saja sejajar dengan PTS, dan universitas ternama lainnya, tegas Rektor optimis.

Rektor juga menambahkan saa ini kita punya sebuah misi yang sangat bagus, “NHU Goes International”. Maka itu kita mulai dari internal dengan semangat optimis bahwa kita UHN ini sangat serius membenahi diri untuk jadi pusat belajar bagi anak –anak muda Sumatera Utara, tegas Rektor lagi. Rektor sangat berterima kasih atas kerja keras, dedikasi para KTU, Kaprodi, WD, dan Dekan sehingga AMI Siklus III ini terlaksana dengan baik.

Sementara Ketua LPM UHN Dr. Marlan Hutahaean, M.Si dalam paparannya mengatakan AMI Siklus III akan berlangsung selama 8 hari dengan 27 Auditor. Kemudian akan memberikan reward  sebagai motivasi kategori terbaik Fakultas, terbaik I-III untuk Program Studi (Prodi). Kemudian indikator penilaian adalah ketepatan waktu penyampaian borang, substansi isian borang sesuai petunjuk, hasil Desk evaluation, dan hasil visitasi lapangan.

Semuanya ini kita lakukan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di UHN sesuai dengan tridarma perguruan tinggi dan anjuran dari Kemristekdikti kata ketua LPM ini lagi. LPM akan melakukan evaluasi dan hasil evaluasi ini akan kita pelajari lagi untuk melihat dimana kelemahan kita dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi, sesuai dengan 7 Standard mutu yang telah ditetapkan oleh Kemristekdikti, tegas Doktor Kebijakan Publik UGM ini.

Sementara Ketua SPMI LPM UHN Dr. Janpatar Simamora, SH, MH juga mengatakan hal yang sama bahwa “Opening Ceremony AMI Siklus III” bertujuan untuk membangun budaya mutu dan membiasakan diri dengan arahan –arahan perbaikan dari Kemristekdikti bahwa UHN sangat peduli dengan peningkatan mutu pendidikan yang berkelanjutan, tegas Doktor Hukum UNPAD Bandung ini. Acara ini diikuti oleh para KTU dari semua Fakultas, Kaprodi, WD I, Dekan, Auditor AMI, dan Para Wakil Rektor. 

Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau, Ketua LPM Dr. Marlan Hutahaean, M.Si, Ketua SPMI LPM Dr. Janpatar Simamora SH, MH foto bersama setelah acara Opening Ceremony AMI Siklus III Selesai