Nommensen Tetap Komit Bangun Budaya Mutu

Dr. Marlan Hutahaean, M.Si

Nommensen Tetap Komit Bangun Budaya Mutu

Sebagai kampus yang punya visi dan misi untuk siap untuk mewujudkan tujuan negara dalam layanan pendidikan bermutu, Universitas HKBP Nommensen tetap punya komitmen yang tinggi untuk membangun budaya mutu sehingga lulusan punya mutu yang baik sesuai dengan arahan pemerintah, dalam hal ini Kemristek Dikti. Itu dikatakan oleh Dr. Marlan Hutahaean, M.Si Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Universitas HKBP Nommensen (LPM UHN) saat menjadi narasumber pada acara sosialisasi Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) dan Audit Mutu Internal Siklus III terhadap Semua Kaprodi, Wakil Dekan I di Ruang Dr. Justin UHN, Selasa (6/06/2017).

Ketua LPM UHN Dr. Marlan Hutahaean mengatakan, saat ini UHN terus membangun budaya mutu di lingkungan internal UHN melalui program Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) dan Audit Mutu Internal Siklus (AMI) III. Dengan adanya SPMI dan AMI ini kita harapkan semua Program Studi dan Wakil Dekan I Bidang Akademik punya program yang terarah, terawasi dengan baik, sehingga tata kelola perguruan tinggi berjalan dengan baik.

Dr. Marlan Hutahaean mengatakan mutu pendidikan tinggi diukur dengan pemenuhan dari setiap standard pendidikan tinggi, tetapi harus pula diukur dari pemenuhan interaksi antar standard pendidikan tinggi, untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi. Adapun rumus Standard Dikti memenuhi unsur audience, behavior, comptenece, dan degree. Unsur-unsur ini yang harus dimiliki oleh internal UHN, tegas Dr. Marlan Hutahaean yang merupakan Doktor Kebijakan Publik UGM Yogyakarta ini.

Jelasnya lagi, tegas Ketua LPM ini mengatakan, budaya mutu akan terbangun dengan baik di UHN. Harapan kita kedepan UHN akan mampu menjadi “role model” dalam hal pengembangan budaya mutu perguruan tinggi di Sumatera Utara, dan UHN punya sumber daya untuk itu, tegas Dr. Marlan Hutahaean lagi.

Sementara Dr. Janpatar Simamora, SH, MH mengatatakan sosialisasi SPMI dan AMI ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi di UHN dalam hal implememtasi ketiga Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut. Pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat harus terarah, terukur, dan terdokumen dengan baik. Dengan demikian, tata kelola Universitas berjalan dengan baik. Kita harapkan dengan adanya sosialisasi ini SPMI dan AMI ini bisa mendorong semua Prodi untuk melakukan penjaminan mutu dengan baik sesuai dengan tahapan-tahapan yang dikeluarkan oleh Kemristek Dikti. Mengingat Prodi adalah ujung tombak dalam hal pelaksanaan penjaminan mutu ini, Prodi kita harapkan mampu melasanakan semua tahapan –tahapan SMPI dan AMI dengan baik, tegas Doktor Hukum (S3) UNPAD ini lagi.

Acara Sosialisasi ini diikuti oleh para Ketua Program Studi, Wakil Dekan I, Dekan di lingkungan internal UHN. Turut hadir para fungsionaris LPM UHN seperti Nancy Novelina Sitompul, SE, M.Si, Ir. Ferlist Rio Siahaan, M.Si.3

Ketua LPM UHN Dr. Marlan Hutahaean, M.Si dan Koordinator SPMI Dr. Janpatar Simamora, SH, MH memaparkan sosialisasi SPMI dan AMI Siklus III Kepada Para Kaprodi dan WD I di Ruang Dr. Justin