Terbanyak Memproduksi Guru Besar, AIPT Nommensen Kedepan Harus “A”

Prof. Dr. Dian Armanto, M.Sc
Terbanyak Memproduksi Guru Besar, AIPT Nommensen Kedepan Harus "A"

Sebagai perguruan tinggi swasta yang terbanyak memproduksi Guru besar saat ini di Kopertis Wilayah I Sumatera Utara dengan jumlah 7 orang guru besar, kedepan nilai Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) harus "A", tegas Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof. Dr. Dian Armanto, M.Sc Kepada Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau saat penyerahan Surat Keputusan (SK) dua Guru Besar UHN atas nama Prof. Dr. Sondang Manik, M.Hum dan Prof. Dr. Sanggam Siahaan, M.Hum di Kantor koordiantor kopertis Wilayah I, Selasa, (13/06/2017).

Koordiantor Kopertis mengatakan saat ini kita secara nasional masih mengalami defisit guru besar. Jumlah guru besar di Indonesia hanya ada 5.389 orang. Artinya, kita kekurangan guru besar sekitar 12. 000 orang. Di lingkungan PTS Wilayah I tidak mencapai 50 orang, tegas Prof. Dr. Dian Armanto lagi. Saya sangat mengharapkan dalam waktu dekat jumlah Guru besar di Wilayah Kopertis I bisa bertambah dan UHN punya proospek terbanyak karena dosennya ada 40 orang yang sudah S3, harap Prof. Dr. Dian Armanto. Bahkan Prof. Dian mengatakan, "Pak Rektor harus mendorong 40 Doktor Nommensen untuk jadi guru besar, tegas Prof. Dr. Dian Armanto kepada Rektor UHN dan diamnikan oleh Rektor UHN.

Prof. Dr. Dian Armanto juga sangat mengharapkan UHN bisa mendukung pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi di lingkungan Kopertis Wilayah I Sumut untuk mendorong mutu pendidikan tinggi kita. UHN adalah milik bangsa ini dan aset potensi bangsa ini, maka UHN harus mendorong semua dosennya untuk bisa S3 dalam sesegera mungkin, tegas Koordiantor dan diaminkan lagi oleh Rektor UHN ini.

Rektor UHN sangat mengapresiasi Koordiantor yang sangat banyak membantu dan memotivasi UHN ini. Saya secara pribadi sangat mengapresiasi Koordiantor Kopertis yang sangat bersahabat dan sangat komunikatif dalam mendorong semua PTS di Sumut, tegas Rektor lagi. Rektor sangat mengharapkan dorongan dan fasilitas Kopertis agar dosen-dosen UHN bisa mencapai guru besar nantinya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sumatera Utara, harap Rektor UHN ini lagi.

Dengan diterimanya SK dua guru besar yang baru atas nama Prof. Dr. Sondang Manik, M.Hum dan Prof. Dr. Sanggam Siahaan, M.Hum, jumlah guru besar di UHN saat ini bertambah menjadi tujuah orang. Ini adalah jumlah yang paling banyak di lingkungan PTS Wilayah I Sumut, kata Rektor UHN sebagaimana data itu dirilis oleh staf Kopertis Wilayah I Sumut. Prof. Dr. Sondang Manik, M.Hum merupakan dosen Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UHN dan alumni S3 Ilmu Linguistik USU. Sementara Prof. Dr. Sanggam Siahaan, M.Hum merupakan dosen FKIP UHN dan juga alumni S3 Ilmu Budaya USU. Keduanya memperoleh guru besar setelah melalui berbagai tahapan seperti menulis jurnal internasional bereputasi dan terindeks SCOPUS.

Prof. Dr. Sanggam Siahaan dan Prof. Dr. Sondang Manik mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak mulai dari kampus sampai Kopertis Wilayah I. Kami akan mengabdikan ilmu kami kepada bangsa dan masyarakat Sumut melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dari UHN tegas Keduanya lagi. Turut hadir dalam penyerahan SK Kedua guru besar UHN yang baru ini yayasan UHN membidangi Komisi Akademik yakni Prof. Dr. Bilter Sirait, MS, Dekan FBS UHN Dra. Rotua Elfrida Pangaribuan, M.Hum, WD I Dekan Khusus FKIP Drs. Juliver Nainggolan, M.Si, Dosen FBS Ance Juliet Panggabean, S.Sn, M.Sn serta Koordiantor Humas UHN Jonson Rajagukguk, S. Sos, SE, M.AP.

Koordiantor Kopertis Wilayah I Prof. Dr. Dian Amrmanto , M.Sc foto bersama dengan Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau saat menyerahkan SK Guru Besar Prof. Dr. Sanggam Siahaan dan Prof. Dr. Sondang Manik di kantor Koordiantor Kopertis Wilayah I