Fakultas Teknik Nommensen Intensifkan Kerjasama Dengan CULS Rep. Ceko

Fakultas Teknik Nommensen Intensifkan Kerjasama Dengan CULS Rep. Ceko Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen sangat menyadari betapa era globalisasi seperti dengan datangnya MEA sangat menuntut mutu dunia keteknikan agar anak bangsa ini bisa bersaing dan mampu memanfaatkan peluang dengan baik. Berangkat dari sini, kami Fakultas Teknik akan terus mengupayakan kerjasama yang intensif dengan kampus dari luar negeri seperti Czech University of Life Science (CULS) Prague Republik Ceko Eropa, kata Dekan Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen (UHN) Dr. Richard Napitupulu, ST, MT saat menerima kembali delegasi sahabat lama CULS seperti Prof. Ing David Herak, Petr Hebra, PhD, Zdenak, PhD didampingi Dekan Fakultas Pertanian Drs. Samse Pandiangan, M.Sc, PhD dan Kepala BAU yang juga salah satu dosen di Fakultas Teknik Mesin Charles Manurung, ST, MT di Ruang Kerja Rektor, Senin, (8/05/2017).

Dekan Fakultas Teknik mengatakan, FT UHN akan mengintensifkan terus kerjasama dengan CULS dalam hal Tri Dharma Perguruan tinnggi. Ini adalah wujud nyata kerjasama yang terus intens kita lakukan untuk menginternasionalisasi Fakultas Teknik UHN. Fakultas Teknik UHN sangat peduli dengan pengembangan mutu sarjana teknik yang mampu bersaing di era MEA, maka perlu melakukan berbagai kerjasama dengan institusi luar negeri dengan berbagai program yang berguna untuk mahasiswa.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Dr. Richard Napitupulu dosen-dosen dari Teknik CULS telah kita undang untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa. Pertukaran ini sudah dimulai dimana saya dengan Dekan Fakultas Pertanian Samse Pandiangan PhD juga pernah di undang sebagai dosen tamu di CULS, tegas Dr. Richard yang sangat mengapresiasi kunjungan dari CULS ini.

Sementara Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau dalam pernyataannya mengatakan ini merupakan wujud nyata dari Nommensen HKBP University Goes International (NHU Goes International) sebagai upaya mendorong SDM berbasis global dari Sumut karena kita sangat peduli dengan masa depan bangsa ini, tegas Rektor UHN lagi. Rektor juga menegaskan program yang telah dilakukan dengan pihak CULS adalah adanya pertukaran dosen, kerjasama riset dimana laboratorium CULS bisa digunakan doset peneliti dari UHN, pertukaran mahasiswa. Rektor juga menjelaskan mengtakan skala perioritas yang ditawarkan CULS adalah Saat ini adalah Teknik dan Pertanian. Ini sangat mendukung UHN karena kita perlu “transfer of knowledge” dari Republik Ceko untuk meningkatkan mutu lulusan kita kedepan, harap Rektor.

Sementara Prof. Ing David Herak mengatakan sangat senang mengunjungi UHN dan tindak lanjut MoU sudah kita laksanakan dimana banyak dosen CULS yang melatih dosen UHN mengenai penelitian untuk publikasi internasional dan itu sudah dilakukan. Kami juga sudah pernah mengudang dua dekan UHN, yaitu Dekan Fakultas Teknik dan Dekan Fakultas Pertanian untuk jadi dosen tamu kami di CULS, tambah Prof. David. Kemudian Prof. David Herak juga menegaskan kerjasama UHN akan kami intensifkan karena penting bagi kami menggandeng UHN sebagai mitra kerja strategis CULS.

Setelah selesai kunjungan ke Ruang Kerja Rektor Prof. Ing David Herak mengunjungi Laboratorium Metalurgi FT UHN dan sangat mengapresiasi beberapa Laboratorium Teknik lainnya yang dipergunakan oleh para dosen dan mahasiswa di lingkungan Fakultas Teknik.

Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau didampingi oleh Dekan Fak. Teknik Dr. Richard Napitupulu dan Dekan Fak. Pertanian Samse Pandiangan, PhD foto bersama dengan delegasi CULS Rep Ceko di Ruang Kerja Rektor