FISIP Nommensen Akan Optimalkan Rumah Pintar Pemilu KPU Sumut

FISIP Nommensen Akan Optimalkan Rumah Pintar Pemilu KPU Sumut

Fisip Universitas HKBP Nommensen (UHN) sangat mengharapkan semua warga negara menjadi warga negara yang baik, bertanggung jawab, cerdas, dan inovatif agar keterlibatan mereka dalam proses poliitk di negara ini, khususnya keterlibatan dalam setiap event pemilu makin tinggi dan makin rasional, tegas dekan FISIPOL Drs. Maringan Panjaitan, M.Si saat melakukan penandatangan MoA (memorandium of action) antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara dengan FISIP UHN dalam hal pemanfaatan Rumah Pintar Pemilu KPU Sumut sebagai tempat pendidikan politik dan demokrasi kepada mahasiswa FISIP UHN di Kantor KPU Sumut. Hal itu dikatakan oleh Koordiantor Humas UHN Jonson Rajagukguk, S. Sos, SE, M.AP kepada Media, Senin (3/4/2017).

Penandatangan MoA ini dilakukan oleh Dekan FISIP UHN dengan Ketua Komisioner KPU Sumut Mulia Banurea, S.Ag, M.Si didampingi oleh Komisioner KPU Sumut Ir. Benget Silitonga, dan Maruli Pasaribu, SH beserta staff lainnya pada tanggal 27 Maret 2017 seminggu yang lalu. Sebagaimana yang dikatakan oleh Ketua KPU Sumut tujuan MoA ini adalah meningkatkan partisipasi pemilih, baik secara kualitas maupun kuantitas dalam seluruh proses penyelenggeraan pemilu. Kemudian menjadikan Rumah Pintar Pemilu sebagai pusat informasi kepemiluan dan demokrasi. Dan yang paling penting adalah memperkenalkan nilai –nilai dasar pemilu dan demokrasi kepada kelompok mahasiswa sebagai generasi bangsa, tegas Ketua KPU.

Ketua KPU ini sangat mengharapkan semua kampus, dan sudah dimulai dari FISIP UHN bisa memanfaatkan rumah Pintar Pemilu ini sebagai sarana untuk melatih diri mengenai proses kepemiluan yang baik dan sesuai dengan harapan kita bersama. Ketua KPU sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh FISIP UHN ini sebagai sebuah pembelajaran politik yang sangat bagus dan perlu kita kembangkan kemitraan antara kampus dengan KPU demi terwujudnya pemilu yang berkualitas di Sumut, harap Ketua KPU Sumut ini.

Sementara Dekan FISIP UHN mengatakan MoA ini adalah wujud nyata tanggung jawab FISIP UHN untuk meningkatkan kualitas pemilu yang lebih baik dengan mendorong partisipasi semua warga negara, khususnya para mahasiswa sebagai pemilih yang rasional. Kita harapkan Rumah Pintar Pemilu ini bisa jadi sarana untuk belajar mengenai hakikat dan esensi pemilu yang berkualitas bagi mahasiswa, harap Dekan FISIP ini. Maringan Panjaitan juga sangat mengharapkan dengan adanya Rumah Pintar Pemilu sebagai sarana belajar bagi mahasiswa maka mahasiswa akan kita dorong sebagai agent of change mengenai demokrasi yang berkualitas, tegas Maringan Panjaitan yang merupakan Alumni S2 UGM Yogyakarta ini.

Kita harapkan lagi dengan adanya MoA ini kesadaran mahasiswa sebagai insan warga negara yang bertanggung jawab dan generasi penerus bangsa yang sadar akan hak dan tanggung jawab politiknya makin bisa terwujud dengan baik. Secara pribadi Dekan FISIP UHN ini sangat senang akan adanya MoA ini. Kedepan KPU Sumut dan FISIP akan terus melakukan berbagai upaya dan cara agar kesadaran masyarakat akan pentingnya pemilu semakin lebih baik. Harapkan kita semua warga negara mampu memberikan dan menyalurkan hak politiknya dengan baik, tegas Dekan FISIP ini.

Dekan FISIP UHN Drs. Maringan Panjaitan, M.Si bersama Ketua KPU Sumut Mulia Banurea, S.Ag, M.Si didampingi Komisioner KPU Sumut Ir. Benget Silitonga mengabadikan MoA KPU dengan FISIP UHN