Nommensen Akan Optimalkan Penelitian 2017

Tahun 2017 akan kita optimalkan untuk mendorong produktivitas dosen meneliti dan kita harapkan budaya meneliti itu tumbuh sehingga kualitas dan kuantitas hasil penelitian itu kita harapkan lebih baik dan pada akhirnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, tegas Prof. Dr. Monang Sitorus, M.Si Ketua LPPM Universitas HKBP Nommensen saat memberi sambutan pada acara Sosialisasi Panduan Penelitian Tahun 2017 Edisi XI yang menghadirkan pembicara Guru Besar UNIMED Prof. Drs. Manihar Situmorang, M.Sc, PhD di Ruang Dr. Justin UHN, Selasa, (4/04/2017). Acara ini diikuti oleh para dosen UHN dari lintas Prodi dan Fakultas dan dimoderatori oleh Ir. Rosnawyta Simajuntak, MP dengan beberapa Staf LPPM seperti Alida Simajuntak, SPd dan Mori Rajagukguk, SH.

Prof. Monang Sitorus sangat mengharapkan dengan adanya acara Sosialisasi ini hal –hal yang berhubungan dengan masalah teknis penelitian bisa dipahami oleh semua dosen. Dengan demikian penelitian yang kita harapkan adalah penelitian yang bermutu dan berorientasi pada pengembangan IPTEK. Kemudian, tidak bisa kita nafikan selama ini masalah administrasi penelitian seringkali tidak bisa dipahami oleh para dosen, dengan adanya sosialisasi ini masalah yang berhubungan dengan administrasi penelitian bisa tuntas. Misalnya lama penelitian dan apa–apa saja yang harus dipersiapkan. Tetapi target kita adalah tetap mendorong tumbuhnya budaya meneliti di kalangan dosen karena dana untuk riset itu sangat banyak disediakan pemerintah saat ini. Peluang itu harus kita tangkap, tegas Prof. Dr. Monang Sitorus yang merupakan Guru Besar Ilmu Administrasi FISIP UHN itu.

Sementara Prof. Manihar Situmorang, PhD dalam paparannya mengatakan saat ini banyak dana yang disediakan oleh pemerintah dan itu harus kita tangkap dengan baik untuk mengembangkan budaya meneliti di perguruan tinggi. Kemudian sisi lain dari penelitian bisa juga menambah income dosen karena memang tugas dosen salah satunya adalah meneliti, kata Prof. Manihar lagi. Prof. manihar mengatakan jenis penelitian yang diajukan pada tahun 2017 adalah skema kompetitif nasional dan skema desentralisasi. Skema kompetitif nasional menyangkut penelitian dasar, penelitian terapan, penelitian peningkatan kapasitas, dan peneltiian pascadoktor.

Sedangkan penelitian desentralisasi menyangkut penelitian dasar unggulan perguruan tinggi (PDUT), penelitian terapan unggulan perguruan tinggi (PTUPT), dan penelitian pengembangan unggulan perguruan tinggi (PPUT). Proposal penelitian diusulkan melalui LPPM UHN ke DPRM melalui Simlitabamas yang websitenya bisa kita unduh sendiri. Jadi pada akhirnya kualitas proposal kita sangat menentukan lolosnya proposal kita, kata Prof. Manihar lagi.

Prof. Manihar secara tegas menginspirasi semua dosen bahwa meneliti itu bukan sulit, tinggal lagi kemauan dan komitmen kita bersama. Mengingat dosen UHN banyak tamatan dari perguruan tinggi ternama dari luar negeri dan dalam negeri seperti USA, UI, UGM, ITB, IPB, UNPAD, dan UNDIP saya yakin tidak akan sulit untuk melakukan penelitian ini, hanya saja akses informasi selama ini mungkin kurang sehingga budaya meneliti itu tidak tumbuh. Tetapi dengan keterbukaan sistem inforamsi penelitian saat ini saya yakin dosen UHN bisa jadi contoh pengembangan budaya meneliti di Sumut, tegas Prof. Manihar lagi.

Prof. Manihar Situmorang, M.Sc, PhD Guru Besar UNIMED dipandu moderator Ir. Rosnawyta Simanjuntak, MP sedang memaparkan materi Sosialisasi Panduan Penelitian 2017 Edisi XI