Alumni Elektro Meninspirasi Mahasiswa FT UHN Dengan Isu Teknologi Mutahir

Berangkat dari rasa rindu pada almamaternya, dan merupakan sebuah panggilan jiwa dua alumni Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen Ir. Panal Hutapea dfan Ir. Richard Butarbutar yang sekarang sebagai owner perusahaan di bidang teknologi menginspirasi para mahasiswa Fakultas Teknik UHN dan melakukan “sharing point” dengan para dosen Jurusan Elektro FT UHN, Senin (20/03/2017).

Kami datang untuk membagikan pengalaman kami karena pengalaman kami dalam dunia kerja adalah maha guru yang paling bijak, tegas Ir. Panal Hutapea dan Ir. Richard Butarbutar kepada para mahasiswa elektro yang berprestasi di UHN. Dalam pertemuan ini disepakati akan ada pemasangan jaringan Solar Cell di lantai V Gedung L UHN pada tanggal 22 Maret 2017 yang nantinya bisa dijadikan mahasiswa sebagai bahan praktikum. Kemudian dilanjutkan dengan Diskusi Ilmiah bertopikkan “Energi Terbarukan Ramah Lingkungan” di Gedung Perpustakaan UHN pada tanggal 23 Maret 2017.

Dalam diskusi ini Ir. Panal Hutapea dan Juga Ir. Richard Butarbutar mengatakan kepada mahasiswa, ada tiga hal yang harus kita pahami kalau kita ingin sukses setelah tamat perkualiahan. Yang paling utama dan adalah kepribadian kita yang beretika dan berkarakter. Dunia kerja butuh manusia pekerja keras, cerdas, dan juga beretika karena kita berinteraksi dengan orang lain. Orang lain dalam artian sebagai mitra kerja, pelanggan dan lain sebagainya. Untuk itu, mulai sekarang bangunkan sikap sopan, menghargai orang lain dan penuh dengan dedikasi, kata Panal Hutapea.

Kemudian, kemampuan kita menguasai “knowledge” (Ilmu penegtahuan). Ini adalah abad pengetahuan, maka kompetensi yang kita miliki sejauh mana kita bisa menguasai IPTEK terkini. Untuk itu, bangunlah diri dan sekarang dengan berbagai referensi IPTEK terkini. Orang yang punya pengetahuan mengenai IPTEK akan cepat direspon oleh pasar, tegas Ir. Panal Hutapea lagi. Dan yang paling penting lagi ketiga adalah kuasai bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Mulai sekarang saatnya adek-adek mahasiswa untuk menguasai Bahasa Inggris dengan baik. Mitra kita kerja dalam bidang teknologi adalah lintas negara, maka pengantarnya adalah Bahasa Igggris. Artinya, Bahasa Inggris itu bukan lagi sesuatu yang mewah, tetapi sudah jadi kebutuyhan dasar, tegas Panal Hutapea lagi.

Sementara Richard Butarbutar kepada para dosen yang hadir memberikan masukan agar sejak dini semua mahasiswa Elektro dibekali bagaimana menghadapi wawancara dan psikotes yang baik dan benar. Biasanya mahasiswa kita sangat kewalahan menghadapi psikotest. Untuk itu, mulai sekarang saatnya test psikotes dan wawancara itu harus dilatih dengan baik agar nanti dalam mencari pekerjaan tidak cangggung.

Sementara Wakil Rektor III Dr. Ir. Sindak yang juga dosen Teknik Elektro didampingi oleh para Dosen Elektro seperti Ir. Jamser Simajuntak, MT, Ir. Sahat Parulian Siahaan MT, Ir. Barani Tua Simajorang, MT, Ir. Timbang Pangaribuan, MT, Libianko Sianturi, ST, MT, Ir. Fiktor Sihombing, MT dan Ir. Lestina Siagian, M.Si sangat berterima kasih atas kedatangan para alumni ini. Peran almu sangat besar dalam memajukan UHN ini, secara khusus Prodi Teknik Elektro, tegas Sindak Hutauruk.

Alumni Teknik Elektro FT UHN Ir. Panal Hutapea dan Ir. Richard Butarbutar foto bersama setelah seelsai diskusi dengan dosen dan mahasiswa Prodi Elektro