Mahasiswa Nommensen Harus Kreatif dan Inovatif

Sesuai dengan visi dan misi Universitas HKBP Nommensen (UHN) mendunia (Nommensen Goes International), maka semua mahasiswa UHN dari semua fakultas kita persiapkan untuk menjadi mahasiswa yang kreatif dan inovatif. Hal itu dikatakan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Ir. Sindak Hutauruk, MSEE saat memberikan ceramahnya pada acara Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggerakan oleh Unit WR III UHN di Ruang Perpustakaan UHN, Jumat, (16/03/2017). Pembicara lain pada acara ini adalah Dr. Tumiur Gultom, M.Sc yang juga merupakan Staf Pengajar UNIMED Medan.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Ketua panitia Ir. Lestina Siagian, M.Si didampingi oleh Sekretaris Panitia Libinako Sianturi, ST, MT, kegiatan ini terlaksana sebagai wujud nyata Unit WR III UHN sangat peduli dengan masa depan mahasiswa dengan membekali mereka menjadi mahasiswa yang kreatif dan inovatif. Kemudian target kita jangka pendek, semua mahasiswa harus mampu menyusun proposal PKM, kemudian lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa nasional (PIMNAS) dan bisa jadi juara. Mengingat saat ini banyak kegiatan mahasiswa yang didanai oleh Pemerintah, maka kita harus mampu menangkap peluang itu untuk mendorong mahasiswa kita terus berkreasi, tegas Ir. Lestina Siagian, M.Si.

Sementara Wakil Rektor III yang membidangi Kegiatan kemahasiswaan sangat menekankan pada pembangunan karakter mahasiswa, khususnya lagi dalam bidang inovasi. Kegiatan kemahassiwaan akan kita perbanyak di UHN, dengan demikian semua mahasiswa punya keasiakan tersendiri. PKM ini adalah program pemerintah yang kemudian UHN melihat peluang ini sangat bagus dan dan sangat penting untuk diikuti oleh mahasiswa UHN agar kedepan mahasiswa setelah tamat punya keahlian yang bisa menambah nilai jualnya sebagai lulusan.

Bahkan, saat ini UHN terus menggalakkan mental kewirausahaan di kalangan mahasiswa agar kelak setelah lulus UHN kita harapkan me3njadi mahasiswa yang bisa memuka lapangan pekerjaan. UHN terus mendorong semua mahassiwa untuk bisa jadi wirausaha dengan mengikutkan mereka dalam berbagai kegiatan bisnis yang dilakukan di UHN, seperti kepemilikan saham dalam Uhaenyes, tegas WR III. Disamping itu mata kuliah kewirausahan menjadi mata kuliah wajib bagi semua fakultas, tegas WR III ini.

Sementara Dr. Tumiur Gultom dalam paparannya lebih banyak menekankan bagaimana membuat proposal PKM yang baik dan benar. Tidak ada kata sulit dalam membuat proposal, semua tergantung komitmen kita. Format sudah lengkap dan butuh komitmen dari semua mahasiswa. Dr. Tumiur juga mengajak semua mahasiswa untuk lebih pro aktif dalam berbagai kegiatan yang bersifat membangun seperti PKM ini, karena kegiatan seperti ini mendorong inovasi dan kreeativitas, tegas Doktor lulusan UGM Yogyakarta ini.

Mahasiswa UHN foto bersama setelah selesai mengikuti Workshop Penulisan Proposal PKM di Perpustakaan UHN