Nommensen Harus Mendunia Bagi Kemuliaan Tuhan dan Kejayaan Bangsa

Pdt. Dr. Darwin Lumbantonbing

Nommensen Harus Mendunia Bagi Kemuliaan Tuhan dan Kejayaan Bangsa

Universitas HKBP Nommensen (UHN) sebagai institusi pendidikan yang didirikan oleh Gereja harus mendunia bagi kemuliaan Tuhan dan kejayaan bangsa, tegas Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing dalam kotbahnya saat perayaan natal Keluarga Besar UHN di HKBP Sudirman Medan, (20/12/2016). Perayaan natal UHN mengambil tema “Hari Ini telah Lahir Bagimu Juru Selamat, yaitu Kristus, Tuhan, di Kota Daud. Sedangkan subtemanya adalah Kelahiran Yesus Kristus sebagau Juru selamat menambah semangat segenap civitas akademika UHN untuk mengaktualisasikan diri dalam era globalisasi menjadi universitas yang mendunia bagi kemuliaan Tuhan dan kejayaan bangsa, tang diketuai oleh Halomoan Sihombing, SE, M.Si Dosen FE UHN.

Sebelum acara dimulai Rektor UHN Dr. Ir. Sabam dalam sambutannya menegaskan UHN harus mendunia melihat realitas persaingan antar perguruan tinggi dan juga iklim kompetisi yang sangat global. Kita ahrus menempatkan UHN dalam konstelasi global dengan menjadi universitas mendunia. Untuk itu program Nommensen HKBP University (NHU Goes International) adalah program yang ditujukan untuk kejayaan bangsa, khususnya di Provinsi Sumatera Utara. Realisasi NHU Goes International sudah mulai terwujud dengan baik dengan adanya MoU dan MoA dalam halpertukaran mahasiswa (student exchange), pertukaran dosen, riset bersama dengan berbagai Universitas ternama luar negeri, tegas Rektor UHN.

Sementara Sekretaris Yayasan Prof. Dr. Albiner Siagian, MS didampingi oleh para pengurus yayasan seperti dr. Renhard Tampubolon, MPH, dan Staf Ahli Yayasan Ir. Jannerson Girsang mengatakan program –program UHN kedepannya harus fokus bagaimana meningkatkan pelayanan, mutu lulusan, penguatan karakter, sehingga kehadiran UHN di tengah proses berbangsa dan bernegara sangat signifikan. Kita sangat bangga bisa merayakan kebersamaan ini sebagai upaya untuk mendorong UHN yang mendunia, tegas Guru Besar USU ini.

Dalam kotbahnya Ompu I Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing kembali menegaskan misi Dr. IL Nommensen ke Tanah Batak untuk membaskan suku Batak dari segala bentuk kegelapan. Misi UHN itu diwujudkan dalam bentuk pelayanan pendidikan, kesehatan dan penginjilan. Harapan Dr. IL Nommensen tentu supaya orang Batak beroleh kemajuan dan bisa jadi masyarakat yang punya pengharapan. Ompu I kembali meneaskan kehadiran orang Kristen harus bisa jadi garam dan terang di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara.

Mengingat negara kita dibentuk dari berbagai latar belakang suku dan agama yang berbeda, marilah kita menjaga dan merawat keberagaman ini dengan baik sebagai anugerah Tuhan, tegas Ompu I. Sebab, tidak mungkin kita bisa menyangkal kepelbagaian dalam proses berbangsa dan bernegara. Tinggal lagi, kita ahrus mengelolanya dengan baik untuk kemajuan bangsa ini, tambah Ompu I. Ompui Ephorus HKBP sangat mengharapkan dengan merayakan natal ini, keluarga besar UHN bisa meningkatkan dirinya agar UHN yang mendunia demi kemuliaan Tuhan dan kejayaan bangsa bisa terwujud dengan baik.

Perayaan Natal UHN ini dihadiri oleh para mahasiswa, dosen, dekan Wakil Rektor. Acara natal diisi oleh berbagai kegiatan mahasiswa dan dosen, seperti koor, liturgi, dan paduan suara Concoordia UHN.

Ompu I Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing bersama Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau sedang menyalakan pohon lilin natal saat perayaan natal Civitas Akademika UHN