10 Mahasiswa Nommensen Terima Beasiswa DABM

Pertama Kali di Provinsi Sumatera Utara

10 Mahasiswa Nommensen Terima Beasiswa DABM

Sebagai wujud kepedulian Universitas HKBP Nommensen (UHN) kepada kaum miskin dan mahasiswa kurang mampu, UHN memberikan beasiswa kepada 10 mahasiswa dari berbagai fakultas yang sumbernya dari Dana Abadi Beasiswa Mahasiswa (DABM). Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau didampingi oleh WR-I Dr. Haposan Siallagan SH, MH, WR-II Drs. Charles M Sianturi, MSBA, WR-III Dr. Ir. Sindak Hutauruk, MSEE, dan WR-IV Dr. Hilman Pardede, M.Pd sekaligus sebagai salah satu agenda Rapat Pimpinan (Rapim) di Ruang Dr. Justin Sihombing UHN, Rabu, (23/11/2014).

Rektor mengatakan Dana Abadi Beasiswa Mahasiswa (DABM) merupakan sebuah program jangka panjang dan berkelanjutan yang akan dilakukan oleh UHN sebagai sebuah upaya dan komitmen UHN kepada kaum miskin, dan inilah pertama sekali di Provinsi Sumatera Utara perguruan tinggi punya Dana Abadi Beasiswa Mahasiswa (DABM), tegas Rektor UHN lulusan S3 dari Jerman ini. UHN didirikan tentu untuk menolong sesama, juga orang miskin tanpa melihat latar belakang status sosial seseorang tambah Rektor.

Program DABM ini tentu telah kita rancang sesuai dengan visi dan misi UHN yang akan hadir di negara ini mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka panggilan kami salah satunya adalah peduli kepada orang kurang mampu secara finansial, tetapi punya kemampuan akademik. Maka kita akan menolong orang –orang kurang mampu secara finansial, agar orang miskin yang punya kemampuan akademik bisa melajutkan kuliah ke level yang lebih tinggi. Rektor juga mengatakan, bahwa kriteria untuk mendapatkan mahasiswa ini sangatlah ketat seperti nilai ujian penyaringan harus tinggi, dari keluarga kurang mampu, dan lulus Psikotest yang dibuat oleh panitia. Dengan demikian, ini tentu akan jadi motivasi bagi siapa saja untuk berprestasi lebih bagus lagi.

Rektor juga mengatakan, DABM sumber dananya tidak kita batasi dari siapa saja. Siapa yang punya kepedulian kepada orang miskin yang punya prestasi akademik bisa memberikan donasinya karena tata kelola DABM ini sangat transparan dan dikelola dengan profesional. Kita akan terus laporkan perkembangan dananya, dan peruntukkannya juga tepat sasaran.

Sementara Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UHN Dr. Ir. Sindak Hutauruk, MS.EE mengatakan penerima DABM tahun ini diseleksi dengan sangat ketata dengan tujuan penerima itu tepat sasaran. Pertimbangannya adalah kemmapuan ekonomi orang tua mahasiswa, nilai penyaringan ujian masuk, dan test psikotest. Dengan demikian, sasaran penerima DABM bisa tepat. Dan ini juga jadi motivasi bagi mahasiswa untuk berprestasi kedepannya bagi semua mahasiswa di akan kuliah di UHN karena kampi punya DABM.

Adapun kesepuluh penerima DABM tersebut adalah Edy Frison Sitanggang (NPM 16900006, Fakultas Psikologi), Gian Axel Reinhard Butarbutar (NPM 16720009, F Pertanian), Jessica Yemina Sitorus (16510306, F Ekonomi), Pidel Ramos Yohannes Rumapea (16820042, F Bahasa dan Seni), Richard Yosua Sinaga (16310011, F Teknik), Firnanda Tarigan (16210005, F Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Samuel Leonardo Marpaung (16120160, FKIP Pematangsiantar), Emma Meliala (16120323, FKIP Medan), Richard Elyas Christian Sirait (16600009, F Hukum), Dicki Fredrik Sihombing (16400007, F Peternakan).

Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau didampingi oleh WR I, II, III, IV, dan Para Dekan foto bersama dengan 10 Mahasiswa penerima beasiswa DABM