Nommensen dan BRI Saling Mendukung dan Mengapresiasi

Bank Rakyat Indonesia Kanwil BRI Provinsi Sumatera Utara dan Universitas HKBP Nommensen saling mendukung dan saling mengapresiasi program masing-masing lembaga. Hal itu terjadi ketika Pimpinan Kanwil BRI Sumut Frans Hari Sistiyasta dan Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau duduk bersama dalam suasana yang penuh dengan kekeluargaan untuk bertukar pikiran mengenai kerjasama yang lebih erat dan saling membangun, Selasa (25/10/2016). BRI Provinsi Sumut sangat mengapreasiasi program “Nommensen HKBP University (NHU) Goes International” yang dicanaggkan oleh Rektor UHN dengan menjadikan UHN sebagai lembaga pendidikan tinggi yang bertaraf internasional. Nommensen mendunia sangat penting untuk pembangunan bangsa ini, tegas Pimpinan BRI Sumut ini.

Pimpinan BRI itu sangat bangga bisa menjalin kerjasama dengan UHN dan akan medorong pelayanan BRI kepada UHN khususnya lagi mengenai kelangsungan UHN, seperti magang bagi mahasiswa UHN untuk memahami pengetahuan perbankan secara menyeluruh, peningkatan pelayanan kepada UHN, seminar –seminar bersama mengenai perbankan, dan juga kerjasama lainnya yang saling mendukung kedua lembaga. Pada prinsipnya Tridarma pendidikan tinggi akan kami dukung di UHN karena itu juga menyangkut pembangunan SDM di negara ini.

Saya pribadi mengikuti perkembangan UHN, tegas Frans Hari Sistiyasta kepada Rektor UHN. Media massa sangat gencar memberitakan UHN sebagai informasi yang sangat mengedukasi bagi masyarakat. Ini juga merupakan tanggung jawab UHN kepada masyarakat karena UHN milik masyarakat Sumut, tegas Frans lagi.

Sementara Rektor UHN mengatakan kepada Frans Hari Sistiyasta bahwa UHN telah memulai era baru yakni masuk ke pasar global yang disemangat oleh tantangan dan peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA. Nommensen harus mampu bersaing di pasar global agar tidak menjadi pecundang. Untuk itulah kami mencanangkan misi “NHU goes international” yang dilaksanakan melalui 8 program yakni (1) pengakuan internasional kepada alumni dalam bentuk belajar di luar negeri dan bekerja di luar negeri, (2) layanan dengan mutu kelas dunia, (3) kuliah internasional, (4) publikasi ilmiah internasional, (5) program studi campuran internasional, (6) pertukaran dosen internasional, (7) pertukaran mahasiswa internasional, dan (8) dua-gelar internasional.

Berbagai hasil telah kita capai antara lain, sejak 1 April 2015 Nommensen telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan 27 Universitas terkemuka di Cheko, Amerika Serikat, Taiwan, Thailand, Jepang dan Korea Selatan dan Malaysia. Bahkan Nommensen telah mengirim Dosen Fakultas Pertanian Dr Samse Pandiangan dan Dosen Fakultas Teknik Dr Richard Napitupulu sebagai dosen tamu dan peneliti tamu selama 2 bulan di Czech University of.

Untuk itulah, BRI sangat kami harapkan mendukung kami, tegas Rektor UHN lagi. Rektor juga sangat mengapresiasi layanan BRI yang terus mengutamakan kepuasan customer dengan berbagai kemudahan. Akses masyarakat kepada BRI terus meningkat. Bahkan satelit BRI yakni BRIsat merupakan sebuah lompatan kemajuan yang sangat besar dan jadi contoh bagi Bank yang lain. Ini patut kita apresiasi karena BRI ikut membangun bangsa ini, tegas Rektor UHN yang sangat mendukung BRI juga goes International dan jadi Bank berkelas dunia.

Dr. Ir. Sabam Malau Rektor UHN memberikan Booklet UHN kepada Pimpinan Kanwil BRI Sumut Frans Hari Sistiyasta dalam sebuah jamuan acara makan siang