Kualitas Legislator Menentukan Keberhasilan Pembangunan

Dr. Haposan Siallagan SH, MH

Kualitas Legislator Menentukan Keberhasilan Pembangunan

DPRD adalah salah satu komponen yang menentukan keberhasilan pembangunan di daerah karena Bapak-bapak/ Ibu-ibulah salah satu yang ikut merumuskan kebijakan publik, terlebih lagi kita akan menghadapi era pasar bebas MEA. Untuk itu, jadilah legislator yang berkualitas dengan memahami hakikat fungsi-fungsi legisaltif dengan baik, tegas Wakil Rektor I Universitas HKBP Nommensen Dr. Haposan Siallagan SH, MH saat membuka Bimbingan Teknis dan pendalaman tugas pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Pakpak Bharat yang diselenggerakan oleh LPPM UHN di Hotel Polonia Medan selama dua hari, Jumat (11/11/2016).

Dr. Haposan Siallagan, SH, MH mengatakan, tangan pembangunan daerah kedepan sangat kompleks . Untuk itu, semua kebijakan yang akan diambil di daerah, dimana peran serta DPRD ikut untuk menentukan keberhasilan pembangunan untuk menghadapi MEA misalnya. Untuk itu, DPRD harus menguasai fungsinya dengan baik, apakah fungsi budgeting, legislasi, dan pengawasan sehingga antisipasi bisa dilakukan. Wakil Rektor I ini juga mengutip pernyataan Presiden RI Joko Widodo yang mengatakan, jika kita tidak siap menghadapi MEA, maka kita akan jadi pecundang, tentu kita tidak mau jadi pecundang. Itulah sebabnya kita semua harus melakukan revolusi berpikir, khususnya semua anggota DPRD, tegas Doktor Hukum Tata Negara alumni UNPAD dan USU ini.

Sementara Prof. Dr. Monang Sitorus, M.Si Kepala LPPM UHN mengatakan Bintek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas DPRD sebagai Wakil Rakyat. Kemitraan strategis antara DPRD Pakpak Bharat dan LPPM UHN merupakan upaya UHN untuk terus berpartisipasi dalam melaksanakan tridarma pendidikan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Bintek ini menghadirkan Pembicara dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yaitu Dr. Daryanto, Prof. Dr. Runita Ningrum, SH, MH, dan Feryanto Sitohang dari Aliansi Sumut Bersatu dan Prof. Dr. Monang sendiri dari LPPM UHN.

Dalam paparannya, Dr. Daryanto mengatakan, bahwa dalam ketatanegaraan kita DPRD perannya sangat penting dan strategis. DPRD merupakan mitra strategis yang sangat penting dari Pemerintahan Daerah. DPRD harus melakukan fungsi anggarannya dengan baik untuk mendorong keberhasilan pembangunan daerah yang bercirikan good governance dan clean goverment. Untuk itu, Kapasitas DPRD perlu ditingkatkan dalam hal pemahaman mengenai fungsi-fungsi penganggaran dengan baik agar APBD itu tepat sasaran.

Bahkan Dr. Daryanto Sebagai mitra kerja, DPRD harus memahami bahwa RPJMD merupakan produk bersama Dewan dan Pemda. Keberhasilan implementasi RPJMD itu sangat tergantung sejauh mana dewan bisa melakukan fungsinya dengan baik, khususnya lagi dalam pengawasan. Jelasnya lagi, kapasitas DPRD sangat menentukan keberhasilan pembangunan daerah tegas, tegas Akmal.

Pembicara yang lain, Prof. Dr. Monang Sitorus, M.Si mengatakan, fungsi-fungsi DPRD selama ini belum optimal. Optimalisasi fungsi DPRD ini saatnya diberdayakan karena fungsi pengawasan, fungsi penganggaran, dan fungsi legislasi sangat menentukan keberhasilan pembangunan di daerah, sehingga apa yang jadi tujuan pembangunan itu bisa terwujud. Secara khusus, fungsi pengawasan merupakan fungsi yang sangat vital sebagai variabel yang sangat menentukan keberhasilan pembangunan kedepan.

Wakil Rektor I UHN Dr. Haposan Siallagan SH, MH didampingi Ketua LPPM UHN Prof. Dr. Monang Sitorus Memberikan sambutan dan membuka Bimbingan Teknis DPRD Kabupaten Pakpak Bharat yang diselenggerakan LPPM UHN di Hotel Polonia Medan