Alumni Nommensen Harus Berkarakter Kristen dan Pembawa Garam dan Terang

Ompui Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantonbing

Alumni Nommensen Harus Berkarakter Kristen dan Pembawa Garam dan Terang

Untuk pertama kalinya Ompui Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing menghadiri Wisuda Diploma, Sarjana, dan Magister Universitas HKBP Nommensen dan sekaligus Dies Natalis Ke-62 UHN di Gedung Selecta, Medan, Rabu pada hari ke-2, (19/10/2016). Dalam acara ini Ompui memberikan kata sambutan di hadapan para wisudawan dan juga Senat UHN dengan berbagai harapan dan juga saran untuk kemajuan UHN. Pada prinsipnya Ompui sangat mengharapkan UHN adalah ladang persemaian untuk membentuk dan membangun sumber daya manusia yang berkarakter Kristiani dengan sikap rendah hati, ulet, pekerja keras, visioner, punya kapasitas, peka, dan takut akan Tuhan. Dengan demikian alumni UHN bisa jadi garam dan terang di tengah –tengah bangsa ini.

Ompui dalam arahannya mengatakan, pada prinsipnya visi UHN mendunia (Nommensen mendunia) atau Nommensen HKBP University Ges International (NHU Goes Interntional) sangat kita dukung, tetapi dengan catatan istilah dunia ini bukan konotasi yang negatif. Mendunia dalam karakter, bahkan bisa jadi garam dan terang bagi dunia ini. Untuk itu, semua lulusan UHN yang telah diwisuda hari ini harus punya kepribadian yang bagus, percaya diri yang bagus tetapi jangan terlalu overconfident, serta membangun semanagt team work dengan siapa saja, serta punya kemampuan adaptasi yang bagus.

Bahkan Ompui Ephorus HKBP sangat mengharapkan semua alumni merupakan utusan UHN dan saya harapkan jadi SDM yang membawa garam dan terang bagi kehidupan anda, tegas Ompui. Begitu juga dengan internal UHN, semoga segenap dosen, Kaprodi, Dekan dan juga Rektor harus memahami apa fungsi dan latar belakang berdirinya UHN, dengan demikian UHN sebagai ladang persemaian SDM yang berbasis kristiani sebagai pembawa garam dan terang bisa terwujud dengan baik. Kita harapkan UHN kuat secara internal sehingga bisa mengemban visi dan misinya dengan baik, harap Ompui Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing yang baru terpilih dalam SGH HKBP ke 63 September lalu.

Sementara Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau dalam sambutannya mengatakan Sejak awal tahun 2015, UHN telah memulai era baru yakni masuk ke pasar global yang disemangat oleh tantangan dan peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA. Nommensen harus mampu bersaing di pasar global agar tidak menjadi pecundang. Untuk itulah kami mencanangkan misi “NHU goes international” yang dilaksanakan melalui 8 program yakni (1) pengakuan internasional kepada alumni dalam bentuk belajar di luar negeri dan bekerja di luar negeri, (2) layanan dengan mutu kelas dunia, (3) kuliah internasional, (4) publikasi ilmiah internasional, (5) program studi campuran internasional, (6) pertukaran dosen internasional, (7) pertukaran mahasiswa internasional, dan (8) dua-gelar internasional. Berbagai hasil telah kita capai antara lain, sejak 1 April 2015 Nommensen telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan 27 Universitas terkemuka di Cheko, Amerika Serikat, Taiwan, Thailand, Jepang dan Korea Selatan dan Malaysia.

Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau sangat mengapresiasi kedatangan Ompui Ephorus HKBP serta mengharapkan dukungan Ompui untuk Visi dan Misi Nommensen yang mendunia agar semua alumni UHN kelak jadi pembawa garam dan terang melalui ilmu pengetahuan dan teknologi di tengah –tengah dunia ini. Rektor mengatakan, segenap internal UHN akan terus melakukan evaluasi menyeluruh bagaimana menajdikan UHN sebagai institusi yang kredibel, transparan, dan visioner karena UHN adalah milik HKBP yang jadi aset bangsa ini, tegas Rektor lagi.

Ompui Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing memberikan sambutan saat Dies Natalis Ke-62 UHN dan Wisuda 2016